SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemilu 2014 (JIBI/Solopos/Antara)

Harianjogja.com, SLEMAN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman menetapkan kembali daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Sleman. Dari hasil penetapan ulang ini, DPT berkurang sebanyak 1.849 pemilih, dari penetapan KPU Sleman pada 13 September 2013 lalu.

Ketua KPU Sleman, Djajadi, mengatakan pada September 2013 lalu, DPT di Sleman berjumlah 782.565 pemilih, dan kini jumlah DPT yang ada berjumlah 780.716 pemilih. Pengurangan ini dikarenakan banyak pemilih ganda yang ditemukan di sejumlah kecamatan.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

“Dari data yang ada, ditemukan sebanyak 2.305 DPT yang bermasalah karena ganda. Selain DPT ganda, kami juga menemukan 313 DPT yang sudah meninggal. Jadi dari jumlah tersebut saja bisa diketahui pengurangannya hingga 2.600 pemilih,” kata Djajadi seusai rapat pleno terbuka penetapan DPT Pemilu 2014 Kabupaten Sleman di Hotel UNY, Minggu (13/10/2013).

Djajadi menambahkan, validasi terhadap temuan pemilih ganda ini dilakuan di setiap tempat pemungutan suara (TPS). Ia membenarkan bahwa permasalahan pemilih ganda banyak ditemukan di beberapa TPS di Sleman.

“Ada nama yang ditemukan hingga dua, tiga, bahkan sembilan kali di TPS. Kasus tersebut paling banyak terjadi di Kecamatan Gamping, Depok, Ngaglik dan Sleman. Jumlahnya mencapai lebih dari 200 lebih pemilih di setiap kecamatan,” kata Djajadi.

Djajadi mengaku pengurangan DPT memang relatif tinggi, terlebih jika dibandingkan dengan pemilih tambahan yang hanya sejumlah 642 pemilih. Itupun, sekitar separuhnya merupakan pemilih tambahan yang berasal dari mahasiswa.

Dengan penetapan DPT tersebut, KPU Kabupaten Sleman selanjutnya akan mengumumkannya ke seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ada di Sleman. Pengumuman tersebut akan dilaksanakan mulai 18 Oktober 2013.

“Hal ini berkaitan dengan penggunaan logistik pemilu nantinya. Jadi diharapkan tidak ada masalah saat pemilu mendatang di gelar,” jelas Djajadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya