SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI — Ketua Partai Hati Nurani Rakyat (hanura) Wonogiri, Andi Nugroho mendesak komisioner berkoordinasi dengan kemendagri guna menambah kursi Dewan Wonogiri menjadi 50 orang. Protes itu dilakukan sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan umum anggota legislatif (pileg) di Aula Kantor KPU Wonogiri, Sabtu (12/10/2013).

DPT Pileg Wonogiri sebanyak 912.273 orang atau turun sekitar 1.160 orang dibanding DPSHPA (daftar pemilih sementara hasil perbaikan akhir). Menurut Andi, dengan jumlah DPT itu menunjukkan jumlah penduduk Wonogiri lebih dari satu juta orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Agar tidak menimbulkan efek hukum di kemudian hari hendaknya setelah penetapan DPT, KPU segera  berkoordinasi dengan Dispendukcapil. Siapa tahu sudah muncul DAK2 perbaikan,” ujar Andi.

Andi menilai jumlah warga Wonogiri dari umur sehari hingga kurang sehari 17 tahun lebih dari 100.000 orang.
“Pengecekan paling mudah dengan melihat data anak didik di dinas pendidikan. Jangan sampai hak politik rakyat Wonogiri hilang.”

Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir yang memimpin rapat pleno menyatakan data penduduk Wonogiri sudah lebih dari satu juta orang. “Setelah mendapat data  kependudukan baru, KPU segera berkoordinasi dengan KPU Pusat agar hak politik rakyat Wonogiri tidak hilang lima kursi.”

Sedangkan Komisioner KPU Wonogiri Divisi Pemutakhiran Data Pemilih, Bambang Tetuka menyatakan, jadwal penetapan DPT pada 12 dan 13
Oktober.

“Penyampaian salinan DPT kepada panwas dan peserta pemilu dilakukan sampai 17 Oktober. DPT mulai diumumkan 18 Oktober namun kami meminta PPS yang sudah memiliki hardcopy menempelkan DPT di sekretariat agar bisa dilihat masyarakat luas.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya