SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemutakhiran data pemilih (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Daftar Pemilih tetap (DPT) menjadi kunci utama untuk keberhasilan Pemilu 2014, karenanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo terus melakukan perbaikan.

Ketua KPU Kulonprogo Muh Isnaini mengatakan sampai hari ini pihaknya terus melakukan validasi DPT.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menilai DPT merupakan kunci utama keberhasilan dalam pemilu. Berdasarkan data pemilih di Kulonprogo mulai dari daftar pemilih sementara (DPS), DPS hasil perbaikan dan DPT jumlahnya hanya berkurang 500 pemilih.

“Soal daftar pemilih menjadi hal utama yang kami lakukan. Data pemilih masih dalam proses, rencana hari ini, kami akan mengumumkan data pemilih hasil validasi,” kata Isnaini, Minggu (19/1/2014).

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kulonprogo Panggih Widodo mengatakan KPU Pusat mengirim daftar pemilih dengan nomor induk kependudukan (NIK) invalid sebanyak 2.600.

Dari hasil validasi manual, KPU hanya menemukan 123 pemilih dengan NIK invalid, tetapi berdasarkan hasil penelusuran melalui sidalih ditemukan 310 pemilih dengan NIK invalid.

“Dari data yang dikirim KPU RI, kami harus mencari satu per satu untuk melacak 310 pemilih dengan NIK invalid. Kami juga bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kulon Progo,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya