SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SEMARANG — Budayawan Prof. Eko Budiharjo menilai citra anggota legislatif, baik DPR dan DPRD, sekarang sedang merosot. Hal ini karena berbagai kasus yang mendera wakil rakyat baik di tingkat pusat (DPR) dan daerah (DPRD provinsi dan kabupaten/kota).

“Citra wakil rakyat di masyarakat sekarang sedang morosot karena banyaknya perilaku anggota dewan yang tidak terpuji,” katanya kepada wartawan di sela penganugerahan The Best And The Next Legislator Award 2014 di Hotel Patra Kota Semarang, Jumat (21/2/2014) malam.
Dia bahkan menyindir bila seorang politikus (anggota dewan) dibuang ke sungai, maka akan menimbulkan polusi. Tapi bila semua politikus dibuang ke sungai maka itu adalah solusi. Guna memperbaiki citra dewan ke depan, lanjut Prof. Eko, panggilan Eko Budiharjo, maka legislator harus memiliki karakter dan moral, bukan hanya sekadar kepandaian ilmu yang ditunjukan dengan gelar akademis.
”Dengan karekter dan moral yang kuat, anggota dewan tidak mudah tergoda melakukan perbuatan tidak terpuji,” ungkap mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang itu.
Prof. Eko, berharap anggota DPR dan DPRD hasil Pemilihan Legislatif (pileg) 2014  mendatang akan lebih baik daripada sekarang.
”Kesan jelek terhadap anggota dewan sekarang, bisa dijadikan renungan supaya wakil rakyat mendatang lebih baik, tidak mengulangi kesalahan yang sama,” harapnya.
Penganugerahan The Best And The Next Legislator Award 2014 diberikan kepada para legislator di DPR. Beberapa legislator penerima penghargaan antara lain anggota Fraksi Partai Golkar DPR, Bambang Soesatyo; anggota Fraksi PPP Romahurmuziy; Ketua DPP Partai Golkar, Firman Soebagyo; anggota Fraksi PDIP DPR, Dewi Aryani; dan Ketua Fraksi PAN DPR, Tjatur Sapto Edy.
Selain itu ada Wakil Ketua DPRD Jateng dari PKS, Abdul Fikri Faqih; Ketua Fraksi PPP DPRD Jateng, Istajib A.S.; anggota FPDIP DPRD Jateng, Alwin Basri; anggota Fraksi PKB DPRD Jateng, Fuad Hidayat; dan anggota Fraksi Partai Demokrat, DPRD Jateng; Bambang Eko Purnomo.
Serta Ketua DPRD Sragen Sugiyamto dan Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Klaten Sunarto. Khusus untuk penghargaan The Next Legislator Award 2014 diberikan kepada Joice Triatman, Prasetyo, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, dan Syafii. Ketua Penitia dari Berlian Organizer, Haryanto, menyatakan penghargaan ini diberikan kepada anggota dewan yang dinilai berhasil mengemban amanat dan aspirasi masyarakat.
“Sedang penghargaan The Next Legislator Award untuk calon anggota dewan [caleg] karena memiliki prestasi dan rekam jejak baik, dan bila terpilih berpotensi menjadi legislator yang baik.”

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya