SOLOPOS.COM - Salah satu peserta menandatangani Deklarasi Damai Pemilu 2014 Dapil IV Kecamatan Danurejan dan Gondokusuman, Jogja, di Auditorium LPP, Jalan Urip Sumoharjo, Selasa (28/1/2014). (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Harianjogja.com. JOGJA – Menjelang pelaksanaan Pemilu 2014, Kecamatan Gondokusuman mengadakan deklarasi Pemilu Damai. Acara yang belangsung di Auditorium LPP ini dihadiri seluruh peserta pemilu 2014, baik itu partai politik maupun caleg, khususnya dari Dapil IV Kecamatan Danurejan dan Gondokusuman.

Ketua Panitia Deklarasi Pemilu Damai Cahyo Wijayanto mengatakan tujuan digelar acara ini untuk menjaga iklim dan suasana di kecamatan Gondokusuman pasca pemilu tetap kondusif. Awalnya, aspirasi ini berasal dari partai politik sendiri. Adapun dari kecamatan hanya sebagai fasilitator saja. “Ini murni dari aspirasi mereka [parpol] sendiri, kami hanya memfasilitasi saja,” ungkapnya, ketika ditemui di sela-sela acara, Selasa (28/1/2014).

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Dikatakannya, selama ini kondisi di Kecamatan Gondokusuman, baik itu sebelum dan sesudah pemilu berjalan aman tanpa ada gesekan antarwarga masyarakat. Hanya, untuk berjaga-jaga deklarasi ini tetap dilaksanakan.

“Hampir setiap pemilu, baik itu pileg, pilpres atau pilkada, deklarasi ini selalu kami lakukan,” akunya, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Camat Gondokusuman.

Puncak acara dari deklarasi ini adalah dengan pembacaan dan penandatangan deklarasi oleh semua parpol peserta Pemilu 2014. Tujuannya, dengan adanya kesepakatan ini untuk menjaga suasana di Kecamatan Gondokusuman tetap aman dan damai.

“Kami tidak hanya mengundang peserta pemilu, tapi juga mengundang satuan perangkat pemerintahan dari RT, RW sampai lurah,” sebutnya. “Jadi, selain deklarasi damai, acara ini juga untuk mempererat tali persaudaraaan antar warga,” imbuhnya.

Salah satu caleg DPR RI dari Partai Gerindra Riefian Fajarsyah mengaku senang dan antusias mengikuti acara ini. Dia berjanji akan turut serta menjaga situasi dan kondisi khususnya di Kecamatan Gondokusuman. “Acara ini sangat bagus, dan semua peserta harus berkomitmen pada deklarasi yang telah ditandatangani ini,” katanya yang juga dikenal sebagai vokalis Band Seventeen itu.

Bagi Ivan, sapaan akrabnya, pertarungan pemilu bukan untuk memecah persatuan dan kesatuan. Pertarungan sesungguhnya adalah untuk menyejahterakan kehidupan rakyat. “Jadi deklarasi ini harus dipahami dan terus dipegang, karena pertarungan sesungguhnya itu bukan saat ini tapi nanti ketika duduk menjadi wakil rakyat, yakni berperan membantu menciptakan kesejahteraan yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Ketua KPU Kota Jogja, Wawan Budiyanto mengatakan deklarasi ini merupakan bentuk komitmen bersama  menyukseskan jalannya Pemilu 2014. “Istilahnya kendaraan boleh beda, tapi semangat harus sama, yakni menjaga kedamaian khususnya di Gondokusuman,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya