SOLOPOS.COM - Logo Pemilu

Logo Pemilu

KLATEN—Kalangan pengurus partai politik (parpol) di Klaten tidak mengkhawatirkan masalah belum lolosnya sebagian besar bakal calon legislatif (bacaleg) dalam verifikasi administrasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Eksekutif Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Klaten, Bukhori Ibnu Sidiq, mengakui belum ada satupun dari 45 bacaleg dari PAN yang sudah lolos verifikasi administrasi. Menurutnya, hal itu dikarenakan terjadi kesalahpahaman pengurus parpol dalam memahami persyaratan administrasi pendaftaran bacaleg.
“Ada salah satu formulir yang terlewat. Kami mengira semua data sudah masuk, ternyata belum. Ada pula yang belum melengkapi surat keterangan kesehatan dan fotokopi ijazah SMA karena pendaftaran yang bersangkutan relatif mepet,” terang Bukhori saat dihubungi Solopos.com, Kamis (9/5/2013).
Bukhori mengaku saat ini sudah melengkapi berkas persyaratan administrasi semua bacaleg. Dalam jangka dekat, pihaknya akan berkoordinasi dengan internal partai sebelum mengirimkan revisi kepada KPU Klaten. “Permasalahan ini tidak begitu signifikan. Sekarang kelengkapan sudah siap. Kami tinggal menata dan siap untuk diserahkan ke KPU,” tandasnya.
Hal senada juga dikemukakan Wakil Ketua DPD Golkar Klaten, FX Setyawan. Dia mengakui kelengkapan administrasi sejumlah bacaleg yang diusung Golkar belum lolos verifikikasi KPU. Beberapa masalah itu meliputi kurangnya jumlah foto, legalisasi ijazah, dan persoalan lain.
Dia menegaskan bahwa kekurangan kelengkapan administrasi itu tidak akan mengubah komposisi bacaleg di masing-masing daerah pemilihan (dapil). “Komposisinya di dapil tetap, nomor urutnya juga tetap. Ini bukan masalah signifikan. Dalam jangka dekat, kami bisa melengkapinya,” tandasnya.
Sebagaimana diberitakan SOLOPOS (8/5), sebanyak 404 dari 437 bacaleg di Kabupaten Klaten dinyatakan belum lolos verifikasi administrasi yang dilakukan KPU setempat.
Hal itu dikemukakan Ketua KPU Klaten, Ngatmin Sumarto Pawiro, saat menyampaikan hasil verifikasi bacaleg dalam rapat pleno bersama pengurus parpol di Aula Kantor KPU setempat, Selasa (7/5).

Pada kesempatan itu, Ngatmin mengatakan dari 437 bacaleg yang didaftarkan parpol, baru 33 bacaleg yang sudah lolos verifikasi administrasi. Dengan begitu, masih terdapat 404 bacaleg yang belum lolos varifikasi administrasi. Ngatmin menjelaskan penyebab belum lolos administrasi itu beraneka ragam.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurutnya, paling banyak terdapat ketidaksesuaian data dalam surat pernyataan yang dibuat masing-masing bacaleg dengan data yang diserahkan parpol kepada KPU. “Dalam surat pernyataan yang dibuat bacaleg, dia bersedia ditempatkan di daerah pemilihan ini dengan nomor urut sekian. Akan tetapi ternyata datanya tidak sinkron dengan data yang kami terima dari parpol,” terang Ngatmin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya