Pemilik Toko Modern di Wonogiri Berharap Jam Operasional Boleh Maju Selama PPKM
Suasana pusat perbelanjaa Toko Serba Ada atau Toserba Baru di wilayah perkotaan Wonogiri, Sabtu (23/1/2021). (Solopos.com/M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI--Pengelola pusat perbelanjaan atau toko modern di Wonogiri berharap batas waktu buka toko diajukan lebih awal selama masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Karena jam tutup toko swalayan diajukan selama PPKM.

Berdasarkan SE Bupati Wonogiri No. 443.2/016 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Untuk Pengendalaian Penyeberan Covid-19 di Wonogiri, disebutkan jam operasional pusat perbelanjaan atau toko modern maksimal pukul 19.00 WIB.

Manajer Operasional Toserba Baru, salah satu toko modern di Wonogiri, Tanto Satrio, mengatakan Perda mengatur toko modern baru boleh buka pukul 10.00 WIB. Selama PPKM, jam operasional mereka terpangkas karena dibatasi hingga pukul 19.00 WIB. Oleh karena itu, Tanto berharap pemkab memberikan kebijakan memperbolehkan toko modern bula lebih awal, misal pukul 09.00 WIB.

Minat Beli Durian di Wonogiri Turun, Efek Pandemi Covid-19?

"Jika diizinkan, kami berharap jam operasionalnya diajukan. Agar konsumen yang bisa belanja lebih pagi. Karena kalau malam waktunya terbatas. Jadi pengurangan jam malam diganti panambahan jam pagi," kata dia kepada Solopos.com, Sabtu (23/1/2021).

Dua pekan PPKM di Wonogiri, menurut Tanto, berdampak pada penjualan toserba. Penghasilan turun sekitar 30% hingga 40%. Salah satu penyebabnya karena jam tutup diajukan. Biasanya banyak konsumen yang belanja sekitar pukul 18.00 hingga 20.00 WIB.

"Karena ada pembatasan penutupan toserba, tidak mungkin pembeli belanja pada malam hari, karena sudah tutup. Penurunan penghasilan karena itu. Tapi selama pandemi ini memang belum kembali normal seperti sebelum pandemi," ungkap dia.

Tersangkut Kasus Perzinaan, Nasib Kades Karangtengah Wonogiri Ditentukan Pekan Depan

Mengenai kebijakan pemerintah akan memperpanjang PPKM, menurut dia, pihaknya akan mengikuti jika itu sudah jadi aturan. "Kami siap dan selalu mendukung program pemerintah. Ini sebagai antisipasi persebaran Covid-19 juga. Namun jika berkenan, jam operasional toserba bida diajukan," kata Tanto.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom