SOLOPOS.COM - Zico Siap Maju Sebagai Calon Presiden FIFA (Reuters/Pilar Olivares)

Pemilihan Presiden FIFA akan digelar Februari 2016. Legenda Brasil, Zico, dikabarkan siap maju sebagai calon Presiden FIFA.

Solopos.com, RIO DE JANEIRO — Legenda sepak bola Brasil, Arthur Antunes Coimbra atau Zico, mendapat dukungan dari Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Pemilihan Presiden FIFA itu akan digelar 26 Februari 2016 mendatang.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Sebagaimana diberitakan Reuters, Jumat (31/7/2015), pihak CBF mendukung mundurnya Sepp Baltter sebagai Presiden FIFA. Banyaknya skandal suap dan korupsi adalah salah satu faktor mundurnya Blatter setelah memenangi pemilihan Presiden FIFA, akhir Mei lalu

Awalnya Zico tidak mendapat dukungan dari CBF. Namun, Presiden CBF, Marco Polo Del Nero, mendukung penuh Zico maju dalam pemilihan Presiden FIFA. Zico membutuhkan empat negara selain Brasil sebagai modal maju dalam pemilihan orang nomor satu organisasi sepak bola dunia itu.

“Zico mendapat dukungan penuh dari CBF dalam pemilihan Presiden FIFA. Apabila Zico mendapat dukungan dari empat negara lain, kami akan segera mengurus pencalonannya,” ujar Marco Polo Del Nero.

Sebelumnya, Presiden Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) Michel Platini, telah mengumumkan bakal maju dalam pemilihan Presiden FIFA Februari tahun depan. Legenda sepak bola Prancis itu merupakan favorit kuat pengganti Sepp Blatter.

Enam konfederasi sepak bola di dunia siap mendukung Michel Platini dalam pemilihan Presiden FIFA. Namun, calon Presiden FIFA lainnya, Chung Mong-Joon, berpendapat Platini bukanlah sosok yang tepat untuk menjadi Presiden FIFA sepeninggal Blatter yang berkuasa sejak 1998. “Michel Plattini merupakan orang yang baik. Namun, ia bukan orang yang tepat sebagai Presiden FIFA,” ujar Chung.

Setelah Michel Platini mengumumkan ikut dalam pemiliham Presiden FIFA, petinggi FA, Greg Dyke, siap mendukung legenda Juventus itu sebagai pemimpin tertinggi organisasi sepak bola dunia itu.

“Kami sangat mendukung pencalonan Michel Platini. Kami mempunyai hubungan yang baik dengan Platini. Ia harus mengubah FIFA menjadi lebih baik dari sebelumnya,” ujar Greg Dyke, seperti dilansir Dailymail, Jumat.

Sepp Blatter terpilih kembali  sebagai presiden untuk periode jabatan kelima pada Kongres FIFA, 28 Mei 2015, lalu. Namun, ia mengumumkan pengunduran dirinya pada 2 Juni 2015. Meski begitu, belum ada bukti ia melakukan korupsi bersama beberapa pejabat lain yang telah ditangkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya