SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, BANTUL-Teka-teki siapa fungsionaris PDI Perjuangan (PDIP) yang bakal melenggang menuju kursi panas Ketua DPRD Bantul periode 2014-2019 nanti mulai terlihat. Dua caleg terpilih untuk periode kedua yakni Hanung Raharjo dan Dwi Kristiantoro digadang-gadang akan jadi pimpinan.

Kedua politisi PDIP itu juga sama-sama menjabat posisi penting dalam klub sepak bola kebanggaan masyarakat Bantul Persiba. Hanung Raharjo sebagai manajer Persiba senior dan Dwi Kristiantoro juga manajer Persiba untuk yunior sebagai kandidat kuat mengisi kursi ketua baru DPRD Bantul mulai 13 Agustus 2014 mendatang. Mewakili Fraksi PDIP Bantul Eko Julianto Nugraha mengatakan, prediksi peluang kedua nama tersebut mendasar dari tata tertib dan mekanisme partai dalam pengisian pimpinan Dewan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Apabila mekanisme PDIP tidak mengalami perubahan yang cukup mendasar dua nama itu (Hanung dan Dwi) bakal jadi kandidat kuat ketua Dewan yang baru nanti,” kata Eko saat ditemui Harianjogja.com, akhir pekan lalu.

Eko menjelaskan, mekanisme lama pengisian pimpinan Dewan PDIP menempatkan dua manajer Persiba mendapat peluang kuat menyusul ketua DPC PDIP Aryunadi dan Sekretaris DPC. Albertus Yulianto tercatat tidak maju sebagai caleg pada Pemilu 9 April lalu. Kandidat kuat ketiga diatur anggota Dewan yang juga tercatat sebagai pengurus di tingkat DPC atau tingkat kabupaten. Dari 12 anggota Dewan terpilih yang tercatat sebagai pengurus DPC PDIP yakni Dwi Kristiantoro dan Hanung Raharjo. Ia yakin meskipun mekanisme berubah tapi tidak akan berubah total.

Anggota Dewan PDIP Bantul Dwi Kristiantoro saat dikonfirmasi terpisah menyatakan penunjukan untuk mengisi kursi ketua DPRD nanti diserahkan penuh partainya. Dwi mengaku sebagai kader siap menjalankan tugas apapun yang diberikan partai.

Sekretaris DPRD Bantul Helmi Jamharis memastikan jatah pengisian pimpinan baru nanti menjadi hak penuh empat parpol peraih kursi terbanyak di legislatif untuk posisi satu Ketua Dewan dan tiga Wakil Ketua. (Endro Guntoro).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya