SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla (JIBI/Solopos/Istimewa/Dok)

Pemilihan Pansel KPK menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) harus memenuhi beberapa persyaratan. 

Solopos.com, JAKARTA—Wakil Presiden Jusuf Kalla mendambakan para Panitia Seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi memiliki sejumlah karakter ideal. Apa saja kriterianya?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kalla mengungkapkan jabatan Pansel calon pimpinan KPK yang terpilih harus diemban oleh sosok yang bijaksana, berpengetahuan luas, dan independen. Keempat kriteria itu dianggap tepat untuk menyeleksi para calon pimpinan lembaga independen anti korupsi.

“[Pansel KPK] Harus orang yang bijaksana, mempunyai pengetahuan luas tentang orang-orang [calon pimpinan KPK]. Tetapi yang penting orangnya bijaksana dan independen,”sebut Kalla di Kantor Wakil Presiden, Selasa(19/5/2015).

Menanggapi isu bahwa pihak Istana sudah memilih sejumlah tokoh untuk menjadi anggota Pansel calon pimpinan KPK, Kalla mengaku belum mengetahuinya hal tersebut.

“Saya belum tahu, saya belum dengar itu [anggota Pansel KPK terpilih],”ujarnya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menargetkan pembentukan Pansel calon pimpinan KPK selesai pekan ini. Puluhan nama tokoh dari berbagai macam latar belakang profesi sudah diterima dari unsur pemerintah dan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya