Pemilihan Miss Global Indonesia 2018 Perbolehkan Peserta Berhijab
Cynthia Monica Rizkyawati, wakil Indonesia di Miss Global 2017 (Instagram @monicarizkywati)

Seleksi Miss Global Indonesia 2018 perbolehkan peserta berhijab.

Solopos.com, SOLO—Pemilihan Miss Global Indonesia 2018 dibuka pekan ini. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini pendaftar berhijab diperbolehkan untuk ambil bagian. Namun demikian, seleksi untuk area Jawa Tengah baru digelar pertengahan tahun ini.

Kontes kecantikan yang berbasis pada gerakan peduli lingkungan tersebut dimulai dari seleksi Miss Global Banten, Minggu (28/1/2018). Setelah itu dilanjutkan daerah lain seperti Sumatera Utara, Riau, Papua, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur. (baca: Selamat! Mahasiswi Solo Wakil Indonesia Sabet 2 Award Miss Global 2017)

Founder Miss Global Indonesia, Irvan Arga Wijaya, mengatakan untuk wilayah Jawa Tengah, kemungkinan masih pertengahan tahun.

Proses seleksi peserta cukup panjang. Mulai pendaftaran, audisi, hingga grand final per daerah. Seperti tahun lalu, syarat utama Miss Global Indonesia 2018 yaitu berpenampilan menarik dengan tinggi minimal 155 cm serta memenuhi 3 B, yaitu brain, beauty, dan behavior.

“Pendaftar berhijab boleh untuk tahun ini. Jadi siapa saja silahkan. Jawa Tengah masih dijadwalkan kemungkinan Mei atau Juni,” kata Arga.

Tahun lalu Miss Global Jawa Tengah digelar di Solo. Perwakilan Jawa Tengah Cynthia Monica Rizkyawati, 21, kemudian maju ke tingkat nasional dan berhasil menjadi Miss Global Indonesia yang pertama.

Perempuan asal Solo tersebut dinobatkan sebagai Miss Global Indonesia 2017 sekaligus Miss Global Indonesia Terfavorit yang dinilai berdasarkan tim juri dan penonton saat malam grand final di Surabaya, Minggu (10/9/2017).

Dengan kemenangan itu Cynthia mewakili Indonesia maju ke ajang  Miss Global Internasional di Kamboja dua bulan setelahnya. Meski tak menjadi juara di level internasional, dia membawa dua penghargaan saat malam  grand final di Koh Pich Performing Arts Center Phnom Penh, Kamboja, Jumat (17/11/2017). Ia menyabet award untuk Miss Popularity dan Miss Beauty.

Dua penghargaan tersebut berdasarkan penilaian dewan juri dan voting masyarakat dengan like and share profil Miss Global Indonesia melalui fan page Facebook resmi Miss Global 2017.

Penilaian dewan juri yang meliputi penampilan, pengetahuan, dan perilaku, tak hanya saat grand final.  Tetapi dilakukan sejak masa karantina dua pekan sebelumnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho