SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MANTRIJERON-Warga RW 11 Jogokariyan, Mantrijeron, Jogja melangsungkan pesta rakyat pemilihan ketua RW Minggu (25/3).
Pemilihan ketua RW 11 berlangsung semarak. Seluruh elemen masyarakat terlibat di dalamnya. Ada lomba mewarnai bagi anak-anak usia TK dan SD, ada pula pertunjukan ledek munyuk untuk meramaikan suasana.   Sementara bagi para ibu-ibu terlibat dalam penyiapan logistik, dan para remaja dilibatkan dalam persiapan sarana prasarana pelaksanaan pemungutan suara termasuk pencetakan surat suara.

Sudi Wahyono, panitia pemilihan menjelaskan suasana semarak tersebut sengaja diciptakan untuk mendukung pemilihan ketua RW.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, RW merupakan pimpinan wilayah yang memiliki peran dalam penjagaan kamtibmas dan ketentetaraman di wilayahnya.   “Dalam pemilihan ini semua elemen masyarakat kami libatkan, ada yang memasak, lomba, ada juga yang menyiapkan sound dan menyiapkan perlengkapan pemilihan. Karena RW ini adalah untuk kami sendiri maka harus dibuat semarak,” katanya ditemui di lokasi pemungutan suara Minggu siang.

Pemilihan ketua RW dilangsungkan dengan pemungutan suara di halaman rumah Samidi, salah satu warga Jogokariyan. Masing-masing KK memiliki satu hak suara.

RW 11 memiliki empat RT dan jumlah KK sebanyak 225. Dalam pemilihan tersebut calon diusulkan oleh warga melalui masing masing ketua RT.

Lima orang dicalonkan dalam pemilihan RW itu. Yakni Muhammad Jazir, Gunawan Sudarsono, Retno Hambar, Subandi Suyuti dan Harmaji Suwarno.

Pemilihan yang diketuai Suban Rizalinur itu menghabiskan anggaran sebesar Rp2,5 juta. Anggaran selain berasal dari subsidi Pemkot, juga dikumpulkan dari donatur.

Sudi mengaku, tingginya partisipasi masyarakat dalam pemilihan RW sudah terbina sejak lama. Melalui pembelajaran sistem demokrasi sekaligus kebersamaan ini pihaknya berharap mampu menjadi pendidikan demokrasi bagi warga di RW 11.

“Proses pemilihan ini adalah pembelajaran untuk berdemokrasi sekaligus menjaga kebersamaan. Harapan kami kelak ketua RW yang terpilih dapat menjadikan wilayah RW 11 Jogokariyan menjadi lebih baik lagi, baik kamtibmas dan ketertiban ketertiban lainnya,” katanya. (ila)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya