SOLOPOS.COM - Suasana pemilihan secara langung ketua RT 016/RW 004, Kanigoro, Kartoharjo, Madiun, Minggu (21/2/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Pemilihan ketua RT 016/RW 004, Kanigoro, Kartoharjo, Madiun dilaksanakan secara langsung.

Abdul Jalil

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Madiunpos.com, MADIUN — Pemilihan ketua Rukun Tetangga (RT) 016/RW 004, Kelurahan Kanigoro, Kartoharjo, Kota Madiun dilaksanakan secara langsung dengan pemungutan suara yang dilaksanakan secara megah. Ketua DPRD Kota Madiun, Istono, berharap pemilihan ketua RT yang dilakukan secara langsung itu bisa menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan bisa mengayomi masyarakat.

Istono menyebut ketua RT merupakan ujung tombak pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Sehingga, keberadaan ketua RT tidak bisa disepelekan. “Ketua RT di kampung ini sangat penting, karena bertugas untuk melayani masyarakat secara langsung. Saya berharap ketua RT terpilih merupakan sosok panutan yang bisa mengemban amanat dengan baik,” ujar Istono seusai memberikan suaranya di pemilihan ketua RT 016 itu, Minggu (21/2/2016).

Istono menceritakan dirinya sudah empat periode menjabat sebagai ketua RT 016 sebelum dirinya menjadi anggota DPRD Kota Madiun. Sesuai pengalamannya, tugas ketua RT memang berat dan bersifat sosial karena tidak mendapatkan gaji dari negara. Namun, dia menganggap jabatan sebagai ketua RT merupakan jabatan sosial yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut dia, pemilihan ketua RT secara langsung juga menjadi pelajaran politik bagi masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wujud kebersamaan masyarakat di lingkungan. Warga RT 016/RW 004, Muntamah, menyambut positif kegiatan pemilihan ketua RT secara langsung. Menurut dia, pemilihan secara langsung ini bisa membuat warga semakin tahu dan bisa menghargai ketua RT terpilih.

“Selama ini kan pemilihan ketua RT hanya dilakukan bapak-bapak yang ikut rapat RT. Sedangkan warga lain yang tidak ikut rapat tidak mengetahui, sehingga terkadang sosok ketua RT terpilih juga tidak tahu,” kata dia kepada Madiunpos.com.

Dia berharap ketua RT terpilih bisa menjadi pemimpin yang mengayomi masyarakat. Selain itu bisa menjadi panutan masyarakat setempat. Hal senada juga dikatakn warga RT 016/RW 004 lain, Khoirul. Menurut dia, dengan adanya pemilihan ketua RT secara langsung bisa mendidik masyarakat untuk lebih paham dan tahu politik. Selain itu, diharapkan bisa menghasilkan pemimpin yang bisa dijadikan panutan oleh masyarakat.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya