SOLOPOS.COM - Ilustrasi seleksi duta wisata (JIBI/Solopos/dok)

Pemilihan duta wisata Putra Putri Solo memasuki tahap tes tertulis dan wawancara.

Solopos.com, SOLO—Sebanyak 97 peserta Pemilihan Putra Putri Solo (PPS) 2015 telah mengikuti tes tertulis dan wawancara di Bale Tawang Arum Balai Kota Solo, Sabtu-Minggu (15-16/8/2015). Seleksi pemilihan tahun ini dinilai lebih ketat dibanding tahun sebelumnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tahun ini jumlah peserta sampai 97 orang. Rincian pendaftarnya 61 putri dan 36 putra. Dari jumlah tersebut panitia benar-benar memilih 15 pasang peserta yang benar-benar berkualitas,” jelas Miftah Farid Widagdo, Pejabat Humas Pemilihan PPS 2015, saat berbincang dengan solopos.com, Senin (17/8/2015).

Miftah menuturkan dalam proses seleksi tahap awal, peserta wajib menyelesaikan 150 soal tes tertulis dengan materi pengetahuan kepariwisataan, pengetahuan umum, bahasa Jawa, dan bahasa Inggris.

Sehari kemudian, peserta mengikuti tes wawancara dengan materi pengetahuan kepariwisataan, kepemimpinan, bahasa Inggris, kepribadian, serta pengetahuan budaya dan bahasa Jawa. “Tes dipimpin langsung dari juri yang kompeten di bidangnya. Ada Febri Hapsari Dipokusumo, Bambang Irawan, Suharto, perwakilan Paguyuban PPS, serta lembaga pendidikan bahasa Inggris ELTI,” urainya.

Setelah mengikuti selesi, imbuh Miftah, Panitia Pemilihan PPS 2015 memilih 30 peserta terbaik untuk masuk tahap semi final, Selasa (18/8/2015). Selanjutnya, semifinalis yang terpilih akan mengikuti pembekalan di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Solo dan beberapa tempat lain, mulai Rabu-Sabtu (19-29/8/2015).

“Semifinalis yang terpilih akan diumumkan dan mengikuti technical meeting pembekalan. Konten pembekalan akan diarahkan menjadi diskusi interaktif dengan materi pengetahuan kebudayaan Jawa dan pariwisata,” terangnya.

Selanjutnya, Panitia Pemilihan PPS 2015 akan mengadakan seleksi lanjutan untuk menentukan 20 finalis atau 10 pasang PPS 2015 terbaik hasil penyaringan tahap kedua, Minggu (23/8/2015).

“Masa pembekalan nanti akan menentukan kualitas peserta yang akan berlaga di grand final PPS 2015,” beber dia.

Malam puncak Pemilihan Putra Putri Solo 2015 akan diselenggarakan di pelataran Balai Kota Solo, Sabtu (29/8/2015) malam. Tema yang dipilih panitia untuk penyelenggaraan tahun ini adalah Semarak Kreasi Jiwa Muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya