Petugas KPPS di TPS 8 Dukuh Winong, Karangjati, Wonosegoro, Boyolali, memanggil warga yang belum mencoblos pada pemungutan suara ulang (PSU), Sabtu (27/4/2019). (Solopos-Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, BOYOLALI—Jumlah pemilih yang hadir di TPS 8 Dukuh Winong, Desa Karangjati, Wonosegoro, Boyolali, Jawa Tengah, pada pemungutan suara ulang (PSU), Sabtu (27/4/2019), diperkirakan tidak sebanyak pada pemilu 17 April lalu.

Kondisi ini disebabkan sebagian pemilih tersebut sudah kembali ke perantauan atau bekerja di tempat masing-masing. Hal tersebut diungkapkan Ketua PPK Kecamatan Wonosegoro, Nanang Gigih Ari Widodo, saat ditemui di sela-sela PSU.

“Kemungkinan pemilihnya tidak sebanyak pemilu 17 April karena sebagian warga sini merantau dan sekarang sudah pulang ke kota masing-masing. Selain itu yang bekerja di pabrik mungkin tidak dapat izin lagi,” ujarnya.

Di TPS 8 Winong yang menjadi viral karena adanya anggota KPPS yang mencoblos surat suara milik pemilih tersebut terdapat 262 warga masuk dalam daftar pemilu tetap (DPT). Pada pemilu 17 April lalu, terdapat 168 nama menggunakan hak suara mereka, masing-masing 84 lali-laki dan 102 perempuan.

Hasilnya, pasangan calon presiden (capres) Jokowi-Ma’ruf memperoleh 178 suara, pasangan Prabowo-Sandi memdapat 6 suara, dan 2 surat suara tidak sah. “Hari pemungutan masih berlangsung dan penghitungan belum dimulai. Kita tunggu saja nanti,” imbuh Nanang.

Sementara itu, hingga pukul 11.20 WIB, masih ada penduduk yang belum menggunakan hak suara mereka. Sehingga petugas KPPS terus menerus mengajak warganya untuk datang ke TPS.

“Kami mohon kepada warga Winong yang belum mencoblos, silakan datang ke TPS 8 karena sudah ditunggu petugas KPPS,” ujar salah satu petugas di pintu TPS melalui pengeras suara.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Siti Juminah, 53, mengakui memang ada beberapa tetangganya yang tidak mencoblos karena sudah pergi ke perantauan atau bekerja seperti biasa.

“Mereka yang boro yang sudah berangkat lagi ke kotanya. Yang kerja di pabrik juga sudah pada berangkat,” ujar Siti menunjukkan jari bertinta ungu sebagai tanda sudah mencoblos. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten