SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Menjelang pencoblosan Pemilu 2019, pengamat komunikasi politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Suko Widodo mengingatkan pemilih perlu mengetahui rekam jejak calon anggota legislatif sebelum memutuskan pilihannya.

“Sebelum memilih, pelajari rekam jejak yang akan dipilih. Jangan asal memilih, pelajari kapasitasnya dan asal-usulnya,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Selasa (16/4/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dosen Fisip Unair tersebut menambahkan pemilih bisa menggunakan patokan sederhana sebelum memilih, antara lain apakah calon yang akan dipilih pernah turun ke ruang publik dan memunculkan bangunan interaksi, dialetika dari pola komunikasi dan bertemu fisik.

Meski arus informasi mengalami lompatan dengan adanya media cetak dan televisi, namun menurutnya tetap saja interaksi wacana dan narasi lebih banyak terjadi pada ruang sesungguhnya.

“Karena komunikasi lewat media cetak, televisi lebih bersifat satu arah,” kata Sukowi, sapaan akrabnya.

Pemilihan umum serentak digelar 17 April 2019, yakni memilih anggota DPRD II, DPRD I, DPR RI, DPD serta presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Pemilihan Presiden diikuti dua pasangan calon, yaitu Jokowi-KH Ma’ruf Amin di nomor urut 01, serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di nomor urut 02. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya