SOLOPOS.COM - Siswa SMK N Jatipuro, Kabupaten Karanganyar, menggelar pemungutan suara pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS pada Rabu (31/8/2022). (Istimewa/Dokumentasi SMKN 1 Jatipuro)

Solopos.com, KARANGANYAR — SMKN 1 Jatipuro, Karanganyar, baru saja merampungkan pemilihan Ketua OSIS yang digelar ala pemilihan umum (Pemilu), Rabu (31/8/2022). Hasilnya, Amelia Setya Wati dan Rindia Sevilla Putri terpilih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS SMK Negeri 1 Jatipuro untuk masa bakti 2022/2023 dalam pesta demokrasi tingkat sekolah itu.

Proses pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis ini dimulai dari tahapan penjaringan, kampanye, dan debat terbuka, sama persis dengan Pemilu. Puncakya adalah pemungutan suara hingga penetapam ketua OSIS terpilih.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala SMKN 1 Jatipuro, Sri Eka Lelana, mengatakan pemilihan ketua OSIS layaknya Pemilu ini untuk memberikan pelatihan demokrasi kepada seluruh warga sekolah, terutama siswa sebagai pemilih pemula.

“Rangkaian kegiatan pemilihan kita sesuaikan dengan tahapan pemilu. Seperti pembentukan komisi pemilihan OSIS di sekolah sampai pemetaan dan penyusunan calon pemilih,” katanya, Jumat (2/9/2022).

Baca Juga: Viral Guru Potong Rambut Anak SD yang Penuh Kutu, Netizen Ramai Beri Pujian

Pemilik suara adalah seluruh warga sekolah, mulai dari siswa hingga guru. Tahapan pemilu dimulai dengan penjaringan calon ketua dan wakil ketua, penetapan pasangan calon (paslon), kampanye dan debat terbuka, serta masa tenang.

Selanjutnya tahapan pemungutan dan penghitungan suara hingga penetapan pasangan terpilih. Selama penjaringan, dia menambahkan ada 60 peserta yang mencalonkan diri kemudian diseleksi komisi pemilihan OSIS.

“60 Peserta semua siswa dari kelas X dan XI. Setelah dilakukan penjaringan ditetapkan tiga pasangan calon,” kata dia.

Ketiga pasangan calon tersebut masing-masing paslon No. 1 Devina Putri Dwiyanti dan Syahrul Adwani, Paslon 2 Riska Apriyani dan Aline Yulianingrum, Paslon 3 Amelia Setya Wati dan Rindia Sevilla Putri. Ketiga paslon lantas melakukan kegiatan kampanye debat di depan panelis dan pemilih.

Baca Juga: Pemkab Karanganyar Didesak Bentuk Perda Pesantren

Kampanye dilakukan baik secara online dengan media sosial sekolah dan pribadi masing-masing seperti Instagram, Youtube, Facebook dan Whatsapp. Sedangkan kampanye terbuka digelar dihadapan pemilih.

“Ada debat terbuka. Paslon menyampaikan visi misinya,” katanya.

Pengalaman Berharga

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) OSIS, Tika Ayu Apriyani, mengatakan pemungutan suara pemilihan Ketua Osis telah dilaksanakan pada Rabu. Pencoblosan diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI serta guru dan karyawan SMK Jatipuro. Total ada sebanyak 1.129 peserta pemilih.

Mereka datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah ditata dan format sesuai proses pemilu yang sebenarnya. “Untuk kelas XII yang sedang mengikuti PKL di luar sekolah pemilihan dilakukan secara daring atau lewat HP melalui Google Form,” katanya.

Dari proses penghitungan suara, dia mengatakan paslon nomor 1 meraih 264 suara, paslon 2 mengantongi 54 suara dan paslon 3 meraih 412 suara. Sedangkan surat suara tidak sah ada 123 suara.

“Ini pengalaman yang luar biasa sebagai panitia yang semarak dan penuh kemeriahan. Belajar proses pemilihan secara demokrastis,” kata Tika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya