Pemesanan Online Bikin Bisnis Jasa Pengiriman di DIY Tumbuh Pesat

Pemesanan Online Bikin Bisnis Jasa Pengiriman di DIY Tumbuh Pesat

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA—Perkembangan teknologi online saat ini memicu pertumbuhan industri jasa pengiriman di DIY hingga 25%. Hingga kini, jumlah terdapat sekitar 100 perusahaan jasa pengiriman di DIY dengan omzet rata-rata meningkat hingga 25%.

"Kiriman barang untuk bisnis online menjadi pelanggan terbesar kami, bahkan 80% pengguna layanan kami adalah pebisnis online," ujar Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Indonesia (Asperindo) Yogyakarta, Marsudi, Sabtu, (1/9).

Menurut Marsudi, tingkat perekonomian DIY yang semakin membaik turut memberi andil. Pertumbuhan industri kreatif yang juga menarik minat pembeli dari luar DIY mengakibatkan jumlah pengiriman barang tumbuh subur.

Menurutnya, saat ini, dalam sehari pengguna jasa ekspres yang dilayani dengan pesawat rata-rata mencapai 30-40 ton per hari. Sebagian besar pengiriman masih didominasi pengiriman domestik, karena biasanya pengiriman tujuan luar negeri dilayani menggunakan kapal laut.

"Kalau yang lewat darat, jumlahnya berkali-kali lipat dalam sehari, selain menggunakan kontainer, barang-barang tersebut juga dikirim dengan menggunakan truk-truk," katanya.(ali)

Berita Terkait

Berita Terkini

Terobos Penyekatan, Pengendara Mobil Tabrak Polisi di Pospam Prambanan Klaten

Mobil berpelat luar daerah terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan, Klaten, hingga menabrak seorang polisi di tengah jalan.

Larangan Mudik, KA Jarak Jauh di Daops 8 Surabaya Lengang

Keberangkatan penumpang KA jarak jauh di wilayah Daop 8 Surabaya periode 6 s.d. 9 Mei 2021 masa larangan mudik terpantau lengang atau tidak terdapat lonjakan.

Ditutup 5 Hari Gara-Gara Covid-19, Pasar Tirtomoyo Wonogiri Sudah Buka Lagi

Pasar Tirtomoyo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri mulai dibuka lagi, Minggu (9/5/2021), setelah sebelumnya ditutup selama lima hari.

Jalanan Wonogiri Lengang Jelang Lebaran, Polisi: Warga Patuh Larangan Mudik & Di Rumah Saja

Kondisi arus lalu lintas di jalanan Kabupaten Wonogiri terpantau lebih sepi beberapa menjelang Lebaran dibanding hari-hari sebelumnya.

Berkunjung ke Pos Pengamanan Mudik di Solo, Ketua Senkom Bagikan Bingkisan ke Petugas

Ketua Senkom Mitra Polri, Katno Hadi, berkunjung ke Pos Pusat Pengamanan Mudik di Benteng Vastenburg, Solo, pada Sabtu (8/5/2021) siang WIB.

3.120 Pemudik Lolos Masuk Blora Sebelum Operasi Ketupat Candi

Sudah ada 3.120 pemudik yang masuk Kabupaten Blora dan mereka rata-rata masuk sebelum adanya Operasi Ketupat Candi 2021.

Terapkan 3 Lapis Pemeriksaan, Begini Cara Tim Gabungan Deteksi Pemudik Masuk Karanganyar

Tim gabungan Karanganyar menerapkan tiga lapis pemeriksaan untuk mendeteksi pemudik dari luar daerah yang masuk ke wilayah tersebut.

Viral Warga Tawuran Pakai Kotoran Binatang di Bantul, Lurah: Itu Bukan Tradisi!

Pemerintah Kalurahan (Pemkal) Wonokromo, Pleret, Bantul memastikan viralnya video tawuran antarwarga menggunakan kotoran binatang yang terjadi Sabtu (8/5/2021) malam, bukanlah tradisi

PO Rosalia Indah Rilis 4 Bus Tingkat Baru di Tengah Larangan Mudik

Perusahaan Otobus Rosalia Indah merilis 4 bus tingkat baru buatan karoseri Adiputro di tengah kebijakan larangan mudik.

Keranda Kayu dan Cerita Mistis Bekas Mobil Jenazah Milik Warga Sukoharjo

Aksi warga Gantungan, Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo membeli bekas mobil jenazah menggemparkan warga setempat.

Pengunjung Membeludak! Begini Potret Pasar Klithikan Solo Minggu Pagi

Pasar Klithikan Notoharjo, Semanggi, Solo, ramai pengunjung pada Minggu (9/5/2021) pagi WIB. Jumlah pengunjung yang membeludak membuat mereka berdesak-desakan.

Masjidil Haram Difoto dari Luar Angkasa Oleh Astronaut Jepang

 Astronaut Jepang mengambil foto Masjidil Haram dari luar angkasa dan langsung banjir apresiasi.