SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Pemerkosaan di Bengkulu mendapatkan simpati dari petinggi lembaga negarai. Zulkifli Hasan mengutuk perbuatan itu.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua MPR Zulkifli Hasan meminta pelaku pemerkosaan dan pembunuhan siswi SMP di Bengkulu dihukum dengan seberat-beratnya. Sebab, perbuatan pemerkosaan dan pembunuhan itu sudah di luar batas kemanusiaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“[pemerkosaan dan pembunuhan siswi SMP di Bengkulu] Itu adalah perbuatan biadab,” kata Zulkifli Hasan kepada wartawan seusai menyampaikan ceramah kebangsaan di Balai Citra Resmi Purwakarta, Kamis (5/5/2016), dalam keterangan pers.

Ekspedisi Mudik 2024

Belum lama ini terungkap kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap siswi SMP bernama Yuyun, 14, yang dilakukan oleh 14 orang remaja. Jasad Yuyun ditemukan di jurang. Sebanyak 12 pelaku sudah tertangkap dan dua orang lainnya masih buron.

Menanggapi kasus itu, Zulkifli Hasan mengatakan bahwa pemerkosaan dan pembunuhan itu sudah melanggar kemanusiaan. “Oleh karena itu kita minta pelaku dihukum seberat-beratnya,” ujar Zulkifli.

Menurut Zulkifli, perilaku pemerkosaan dan pembunuhan yang dilakukan beramai-ramai terhadap seorang siswi seharusnya tidak boleh terjadi di negeri yang ber-Pancasila ini. “Perilaku biadab seperti itu tidak boleh terjadi,” tuturnya.

Zulkifli juga menyoroti penyebab perilaku itu tersebut yang terkait dengan narkoba dan minuman keras. “Ini juga akibat narkoba dan minuman keras. Darurat narkoba dan darurat miras itu mempengaruhi perilaku-perilaku orang sehingga menjadi beringas dan memakai akal yang tidak beradab,” jelasnya.

Zulkifli juga minta perhatian semua pihak terhadap darurat narkoba dan darurat miras. “Itu yang saya kira harus menjadi concern dan perhatian kita,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya