Pemerkosa 13 Santriwati Herry Wirawan Divonis Mati PT Bandung

PT Bandung mengabulkan banding vonis hukuman mati pemerkosa 13 santriwati Herry Wirawan yang diajukan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat atas putusan PN Bandung.

 Arsip—Terdakwa kasus kekerasan seksual terhadap anak Herry Wirawan (ketiga kanan) berjalan menuju ruang sidang untuk menjalani vonis di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/2/2022). (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj/pri)

SOLOPOS.COM - Arsip—Terdakwa kasus kekerasan seksual terhadap anak Herry Wirawan (ketiga kanan) berjalan menuju ruang sidang untuk menjalani vonis di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/2/2022). (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj/pri)

Solopos.com, BANDUNG—Pelaku pemerkosaan 13 santriwati Herry Wirawan bakal divonis hukuman mati.  Majelis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) Bandung mengabulkan vonis hukuman mati Herry Wirawan setelah Kejaksaan Tinggi Jawa Barat mengajukan banding atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Bandung yang menghukum Herry pidana penjara seumur hidup.

“Menerima permintaan banding dari jaksa penuntut umum. Menghukum terdakwa oleh karena itu dengan pidana mati,” kata Ketua Majelis Hakim PT Bandung Herri Swantoro di Bandung, Jawa Barat, Senin (4/4/2022), seperti dilansir dari Antara.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Dalam putusan itu, hakim memperbaiki sejumlah putusan PN Bandung. Herry Wirawan juga diputuskan oleh hakim untuk tetap ditahan.

Baca Juga: Soal Ganti Rugi 12 Korban Herry Wirawan, Kementerian PPPA Akan Banding?

Hukuman itu sesuai Pasal 21 KUHAP jis Pasal 27 KUHAP jis Pasal 153 ayat ( 3) KUHAP jis ayat (4) KUHAP jis Pasal 193 KUHAP jis Pasal 222 ayat (1) jis ayat (2) KUHAP jis Pasal 241 KUHAP jis Pasal 242 KUHAP, PP Nomor 27 Tahun 1983.

Kemudian Pasal 81 ayat (1), ayat (3) jo Pasal 76.D UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak jo pasal 65 ayat (1) KUHP dan ketentuan-ketentuan lain yang bersangkutan.

Selain vonis mati, Herry juga diwajibkan membayar restitusi sebesar Rp300 juta lebih. Vonis itu menganulir putusan PN Bandung, yang sebelumnya membebaskan Herry dari hukuman pembayaran ganti rugi terhadap korban tersebut.

Baca Juga: Hakim Tak Vonis Mati Predator Seks Herry Wirawan karena Alasan Ini

“Menimbang, bahwa majelis hakim tingkat pertama telah menjatuhkan putusan untuk membebankan restitusi kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, bahwa hal ini bertentangan dengan hukum positif yang berlaku,” kata Hakim.

Pada Selasa (15/2), Herry divonis hukuman penjara seumur hidup oleh Majelis Hakim PN Bandung. Putusan itu juga menggugurkan sejumlah tuntutan lain, seperti tuntutan hukuman kebiri, restitusi, penyitaan aset, dan lainnya.

Selanjutnya, pada Senin (21/2), jaksa dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat mengajukan banding atas putusan Majelis Hakim PN Bandung tersebut. Jaksa menilai kejahatan Herry yang memerkosa 13 santri hingga di antaranya mengalami kehamilan dan melahirkan adalah kejahatan yang sangat serius.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Lomba Roket Air di Technopark, Inilah Para Pemenangnya

      Unit Pelaksana Teknis Technopark di bawah Balitbangda Kota Solo menyelenggarakan Kompetisi Roket Air Regional (KRAR) Solo tahun 2022

      KPAI Desak Pemerintah Pulihkan Kondisi Psikis Anak Seusai Tragedi Kanjuruhan

      Selain memberikan santunan, pemerintah harus mendukung penuh pemulihan kondisi psikis anak-anak yang terluka atau kehilangan orang tua akibat tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.

      Kubah Lava Gunung Merapi Bertambah 1 Meter

      Pengamatan BPPTKG selama sepekan, tinggi kubah lava Gunung Merapi bertambah satu meter.

      Pemerintah Bentuk Tim Gabungan Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan

      Tim pencari fakta tragedi Kanjuruhan dipimpin Mahfud Md dan melibatkan anggota dari unsur pejabat atau perwakilan kementerian terkait, organisasi profesi olahraga sepak bola, pengamat, akademisi, dan media massa.

      Fadli Zon Komentari TNI Tendang Suporter: Brutal dan Tak Profesional

      Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fraksi Gerindra Fadli Zon mengomentari video yang memperlihatkan personel TNI menendang salah satu suporter sepak bola yang turun ke lapangan.

      Anies Batalkan Agenda Gubernur demi Deklarasi Capres Nasdem

      Gubernur Anies Baswedan dijadwalkan untuk meninjau Terminal Penumpang Pelabuhan Muara Angke dan Penandatanganan Prasasti, Senin (3/10/2022).

      Indonesia Hanya Punya 3 Jenderal Bintang 5 lo, Ini Daftarnya

      Tahukah Anda? Indonesia, khususnya Tentara Nasional Indonesia (TNI) mempunyai tiga jenderal bintang lima.

      KPK Lakukan Gelar Perkara Dugaan Kasus Formula E, Belum Ada Tersangka

      Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah melakukan gelar perkara terkait penyelidikan Formula E Jakarta.  

      Iran Tutup Perbatasan dengan Pakistan Gegara Meluasnya Kerusuhan

      Iran menutup titik utama perbatasan negaranya dengan Pakistan di tengah kerusuhan dan tindakan keras terhadap pengunjuk rasa di Zahedan, sebuah kota dekat perbatasan Iran tenggara. Kekerasan pecah di ibu kota provinsi Sistan dan Balochistan Iran selama salat Jumat, setelah jamaah di Masjid Makki di kota itu menyerukan protes atas pemerkosaan seorang gadis berusia 15 tahun, yang diduga dilakukan oleh seorang komandan militer setempat.

      Nasdem Deklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024

      Partai Nasdem berencana mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pilihan untuk Pilpres 2024, Senin (3/10/2022). 

      Nato Siap Ganyang Rusia Jika Lakukan Serangan Nuklir

      Nato siap menghancurkan pasukan dan peralatan perang Rusia di Ukraina jika Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan senjata nuklir. 

      Buntut Kasus Tragedi Kanjuruhan, Pemerintah Rakor Lintas Kementerian

      Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan bahwa pemerintah akan melakukan rapat koordinasi lintas kementerian pada Senin (3/10/2022) pukul 09.00 WIB.

      Blunder Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, dari Ferdy Sambo hingga Kanjuruhan

      Duka mendalam masih dirasakan sanak saudara dan pencinta sepak bola Indonesia atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan manusia tidak bersalah pada 1 Oktober 2022. 

      Kapolri Coba Bikin Terang Tragedi Kanjuruhan

      Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berjanji akan mengusut tuntas tragedi di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang yang terjadi seusai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

      Survei: Publik Percaya Kapolri Listyo Sigit tapi Tidak Yakin ke Institusi Polri

      Hasil survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan masyarakat lebih percaya Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, daripada institusi kepolisian dalam menangani kasus pembunuhan Brigadir J.