SOLOPOS.COM - Dimas Setiyawan Saputro / Finalis no. 3

Dimas Setiyawan  Saputro / Finalis no. 3

Dimas Setiyawan Saputro / Finalis no. 3

Pariwisata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia terutama menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi. Sektor pariwisata diharapkan mampu meningkatkan kesejahhteraan masyarakat seluruhnya tak terkecuali masyarkat Sukoharjo. Banyak sekali yang sudah mengadakan pembenahan sektor pariwisata di daerahnya, sebut saja Kabupaten Karanganyar kita semua tahu bahwa rencana kedepan bahwa kabupaten tersebut akan terfokuskan kepada kabupaten pariwisata.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melihat perkembangan yang terjadi, kita masyarakat Sukoharjo tidak bisa untuk terus berdiam diri, kita pun harus ikut melakukan banyak pembenahan untuk dapat mengikuti arus.

Peran Pemerintah sangatlah diperlukan untuk kemajuan bidang pariwisata di kabupaten Sukoharjo, selain itu wujud nyata partisipasi masyarakat juga berpengaruh. Banyak hal yang harus dilakukan mulai dari hal kecil maupun hal besar.

Ekspedisi Mudik 2024

Pada masa lalu peran pemerintah dibidang kebudayaan dan pariwisata adalah sebagai pelaksana pembangunan semata, saat ini harus lebih difokuskan kepada tugas-tugas pemerintahan terutama sebagai fasilitator agar kegiatan pariwisata yang dilakukan oleh swasta dapat berkembang lebih pesat. Peran fasilitator disini dapat diartikan sebagai menciptakan iklim yang nyaman agar para pelaku kegiatan kebudayaan dan pariwisata dapat berkembang secara efisien dan efektif.

Melihat kenyataan yang ada, sulit bagi kita untuk melakukan pengembangan bidang pariwisata alam, bahwa banyak kendala yang kita hadapi mulai dari iklim yang tidak memadai, sarana prasarana yang kurang , partisipasi masyarakat yang kurang maupun keadaan alam Sukoharjo sendiri. Maka dari itu untuk sektor pariwisata alami kita tidak dapat berharap banyak atas kemajuannya.

Menyikapi hal tersebut satu- satunya harapan yang kita miliki ialah pengembangan wisata buatan yang telah ada. Banyak cara yang bisa kita tempuh antara lain

  1. Menyempurnaan obyek wisata yang telah ada seperti dengan pembangunan infrastruktur yang menunjang obyek wisata tersebut seperti membangun sistem transportasi, membangun penginapan maupun yang lainnya.
  2. Pengadaan paket- paket wisata ke berbagai tempat wisata di Sukoharjo.
  3. Lebih ditingkatkannya media massa sebagai salah satu media promosi yang handal.

Sebagai contoh yang saya ambil “waduk mulur” bagi masyarakat disekitar kecamatan Sukoharjo, Polokarto, Bendosari, Nguter dan Mojolaban pasti sudah sering mendengar waduk buatan yang berada di Sukoharjo ini. Tapi bagaimana dengan kecamatan-kecamatan yang lainnya, Apakah masyarakat disana sudah tahu ?

Itulah salah satu permasalahan kita, bagaimana kita bisa memajukan pariwisata di Sukoharjo sedangkan warganya sendiri tidak tahu tentang apa yang berada di Sukoharjo. Maka dari itu peran media massa sangatlah penting. Dengan adanya promosi masyarakat yang pada awalnya belum tahu menjadi tahu bahwa di daerahnya mempunyai tempat wisata yang indah pula.

Selain mengembangkan obyek wisata yang telah ada kita dapat membuat obyek wisata buatan yang baru tapi masih jarang ada di daerah lain. Kita bisa membangun bumi-bumi perkemahan, pembuatan sentral-sentral wisata kuliner khas Sukoharjo seperti jenang lasikan, gempol pleret dan lainnya.

Ada salah satu bidang lagi, Yaps Benar sekali. Wisata budaya, Sukoharjo benar benar terkenal akan wisata budayanya. Dan inilah menurut saya sektor pariwisata yang bisa membuat Sukoharjo begitu gemilang.

Lebih penting lagi pengembangan Sumber Daya Manusia  dapat di lakukan dengan pendidikan pariwisata pada jenjang akademik dan professional secara gratis, Agar orang orang pribumi tetap menjadi tuan rumah di tanah sendiri. Untuk apa pariwisata maju tapi yang menguasai orang asing itu hanya akan menyesengsarakan orang pribumi.

Pemerintah memegang peran penting dalam memajukan pariwisata Sukoharjo. Pemerintahlah yang akan menentukan apa yang akan terjadi pada Sukoharjo. Maka dari itu berbenah dari awal adalah kunci keberhasilan.

Tentang Penulis / Finalis no. 3

Nama : Dimas Setiyawan  Saputro
Tempat/tanggal lahir : Sukoharjo, 08 November  1994
Alamat : Bekonang Rt 03 / VI Mojolaban, Sukoharjo
Motto : Think and Do it
Perwakilan : PIKAD Kabupaten Sukoharjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya