SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Pemerintah mengusulkan pembatasan konsumsi BBM subsidi untuk kendaraan roda empat di Jawa-Bali mulai April 2012. Ini harus dilakukan untuk menghemat subsidi BBM yang dikeluarkan pemerintah.

Demikian disampaikan oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (10/10).

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Pemerintah usulkan pembatasan BBM subsidi dengan cara pembatasan penggunaan BBM subsidi untuk kendaraan pribadi roda 4 di Jawa Bali mulai April 2012,” tutur Agus.

Agus mengatakan, tiap tahun pertumbuhan konsumsi bensin premium mencapai 8%. Jika tidak ada pembatasan, maka di 2012 nanti tingkat konsumsi BBM subsidi bisa mencapai 43,7 juta kiloliter (KL) yang terdiri dari premium sebanyak 28,1 juta KL dan solar & minyak tanah sebanyak 15,6 juta KL.

Tingkat konsumsi ini lebih tinggi dari kuota tahun ini yang mencapai 40 juta KL.

Melalui pembatasan konsumsi BBM subsidi untuk kendaraan roda empat di Jawa-Bali, Agus mengatakan konsumsi BBM subsidi di 2012 bakal ditekan menjadi 37,8 juta KL yang terdiri dari 22,2 juta KL premium dan 15,6 juta KL minyak tanah & solar.(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya