SOLOPOS.COM - Ilustrasi haji (Dok/Solopos)

Pemerintah menetapkan biaya haji 2018.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah dan Komisi VIII DPR RI menyepakati dan menetapkan Biaya Penyelenggaraan Biaya Haji (BPIH) 1429H/2018M sebesar Rp35.235.602 juta atau ada kenaikan sebesar 0,9% dari rata-rata besaran BPIH tahun lalu, yaitu Rp34,89 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada kenaikan sebesar sebesar Rp345.290 atau 0,9%,” ujar Menag saat Rapat Kerja Penetapan BPIH 1439H/2018M di Gedung Parlemen Komplek Senayan Jakarta, Senin (12/3/2018). Raker dipimpin oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Menag, ada tiga faktor yang mempengaruhi kenaikan biaya operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dibanding tahun 2017. Pertama, adanya kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait pemberlakuan pajak pertambahan nilai (PPn) sebesar 5% untuk semua barang dan jasa yang dikonsumsi dan dipergunakan di Arab Saudi. Kedua, kenaikan harga bahan bakar minyak dan tarif listrik di Arab Saudi serta tren kenaikan harga avtur. Ketiga, perubanan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika dan rial Saudi.

Baca juga:

“Kenaikan sebesar Rp345.290 atau 0,9%, menurut hemat kami, wajar dan rasional, apalagi ditambah dengan adanya peningkatan kualitas layanan di banding tahun lalu,” kata Menag sebagaimana dilansir di situs Kemenag.go.id, Senin.

“Dan persetujuan serta kesepakatan raker ini saat dibawa ke rapat paripurna nanti, mudah-mudahan disetujui oleh DPR, sehingga ada kepastian jemaah haji kita untuk melunasi setoran awal yang sudah dibayarkan jemaah,” ucapnya

Raker dipimpin oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher. Hadir Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar, Irjen M Nur Kholis Setiawan, pejabat eselon II Ditjen PHU dan Kepala Biro Huma Data dan Informasi Mastuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya