Pemerintah Tambah Kuota BBM Jenis Pertalite dan Solar

Penambahan kuota Pertalite dan Solar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir 2022.

 Para pengendara motor antre membeli Pertalite di SPBU Nglangon, Sragen Kota, Sragen, Senin (4/4/2022). Dalam sejarah harga Pertalite paling murah senilai Rp6.450 per liter. (Solopos/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Para pengendara motor antre membeli Pertalite di SPBU Nglangon, Sragen Kota, Sragen, Senin (4/4/2022). Dalam sejarah harga Pertalite paling murah senilai Rp6.450 per liter. (Solopos/Tri Rahayu)

Solopos.com, JAKARTA–Pemerintah menambah kuota bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan solar subsidi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun ini.

Badan Pengatur Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) melaporkan penambahan kuota Pertalite dilakukan sebanyak 6,86 juta kiloliter (kl) dari kuota awal 23,05 juta kl.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Sedangkan untuk BBM solar subsidi ditambah 2,73 juta kl dari kuota awal sebanyak 15,1 juta kl.

“Konsumsi BBM baik Solar maupun Pertalite mengalami lonjakan, sehingga jika tidak ditambah, kuotanya akan habis pada pertengahan Oktober 2022 untuk Pertalite dan pada pertengahan November untuk Solar. Penambahan kuota berlaku sejak 1 Oktober 2022,” kata Kepala BPH Migas Erika Retnowati melalui siaran pers, Selasa (4/10/2022).

Kendati telah ada penambahan kuota, Erika meminta masyarakat untuk tetap mengonsumsi BBM subsidi sesuai dengan peruntukannya.

Dia berharap alokasi BBM subsidi dapat lebih tepat sasaran setelah penambahan kuota tersebut.

“Mereka yang memang mampu agar menggunakan BBM nonsubsidi, karena penggunaan BBM yang tepat pada kendaraan menjadi sangat penting selain membuat kinerja mesin mobil lebih baik, juga yang terpenting adalah bahwa subsidi diberikan kepada yang berhak,” kata dia.

Di sisi lain, PT Pertamina Patra Niaga menilai positif terkait dengan penambahan kuota BBM subsidi pada triwulan keempat tahun ini.

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan penambahan kuota itu belakangan bakal memberi kepastian ihwal ketersediaan BBM subsidi di tengah masyarakat.

“Hal ini tentu saja menjadi berita yang baik untuk masyarakat, tidak perlu mengkhawatirkan ketersediaan Pertalite dan Solar, penambahan ini diharapkan akan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat sampai akhir tahun” kata Irto.

Sampai 30 September 2022 (unverified) realisasi solar subsidi sudah mencapai 85,81% atau sebesar 12,96 juta kl dari kuota 15,10 juta kl, sedangkan Pertalite sebanyak 95,32% atau sebesar 21,97 juta kl dari kuota 23,05 juta kl.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Pemerintah Resmi Tambah Kuota Pertalite dan Solar

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tak Mau Pegang Saham Teknologi, Ini Alasan Kaesang Pangarep

      Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mengaku tidak ingin memegang saham teknologi karena tren yang menurun dari sisi global.

      Terapkan Affiliate Marketing, Pengguna Tokopedia Affiliate Raih Komisi Jutaan

      Tokopedia, melalui Tokopedia Affiliate Program, mempermudah siapa pun menjadi influencer dan mendapatkan komisi dengan mempromosikan jutaan produk melalui link afiliasi yang dibagikan lewat media sosial sejak awal 2022.

      Resmi Diumumkan, Berikut Daftar Lengkap Harga BBM Hari Ini

      PT Pertamina (Persero) resmi mengumumkan perubahan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi hari ini, Kamis (1/12/2022).

      Cetak Laba Rp39,31 Triliun, Kontribusi BRI untuk Negara & Rakyat Kian Meningkat

      PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI membukukan pertumbuhan laba triple digit 106,14% Year on Year (YoY) sebesar Rp39,31 triliun pada kuartal III-2022.

      Bertabur Hadiah dan Promo Menarik, Candi Vaganza Exhibition Kembali Digelar

      Selain produk dengan kualitas terbaik, Candi Vaganza Exhibition juga menghadirkan beragam promo dan hadiah menarik.

      Naik Tipis! Simak Harga Emas Antam & UBS di Pegadaian, Kamis 1 Desember 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian Kamis (1/12/2022) hari ini, terpantau naik tipis untuk cetakan Antam dan cetakan UBS.

      IHSG Berpotensi Lanjutkan Penguatan, Cek Saham-Saham Ini

      Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan penguatan pada Kamis (1/12/2022) hari ini seiring dengan rilis data inflasi.

      Jadwal Perjalanan KRL Solo-Jogja Hari Ini, Cocok untuk Sarana Liburan

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja atau Commuterline pada hari ini, Kamis (1/12/2022).

      Bunga KPR 2022 Belum Naik Meski Suku Bunga Acuan di Level 5,25%

      Bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) 2022 belum mengalami kenaikan meski Bank Indonesia menaikan suku bunga acuan.

      Sejarah Mesin ATM Pertama di Indonesia

      Berikut adalah sejarah sejarah mesin ATM pertama di Indonesia.

      KA Batara Kresna Suguhkan Sensasi Perjalanan Solo-Wonogiri

      Kereta Api (KA) Perintis Batara Kresna yang menghubungkan Solo-Wonogiri menawarkan sensasi lain dalam menikmati perjalanan.

      Meroket 2 Kali Lipat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp2.000 Triliun

      Beberapa fitur yang paling sering digunakan atau killer features BRImo antara lain Digital Saving, Registrasi BRImo, BRImo Fast Menu, Tarik Tunai Tanpa Kartu.

      Waskita Beton Precast Raih Kontrak Baru Senilai Rp1,41 Triliun

      PT Waskita Beton Precast Tbk. (WSBP) optimistis kinerja perusahaan terus membaik seiring dengan adanya sejumlah katalis positif.

      Kopdar UMKM se-Jateng Program Sinergi RAMtivi Berlangsung Meriah

      Ratusan pelaku UMKM se-Jawa Tengah mengikuti acara kopi darat (kopdar) pertama kalinya dalam Program Sinergi Sejuta UMKM RAMtivi di Desa Bahasa Borobudur, Magelang, Minggu (27/11/2022).

      Produk Fesyen Lokal Tak Gentar, Media Sosial jadi Patokan

      Produk fesyen lokal mulai digandrungi masyarakat, dengan media sosial yang menjadi ceruk promosi menarik konsumen baru.

      Pemerintah Gelontorkan Beras ke Pasar untuk Stabilkan Harga Jelang Natal

      Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional/National Food Ageny (NFA) dan Perum Bulog menggelontorkan beras ke pasar untuk menstabilkan harga komoditas pangan pokok tersebut menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.