SOLOPOS.COM - Achmad Yurianto memakai Batik Covid-19 saat konferensi pers. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA - Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mangatakan akan mengubah cara penyampaian jumlah ODP dan PDP. Untuk hari ini dan selanjutnya, jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien dalam Pemantauan (PDP) yang diumumkan adalah yang masih dalam pengawasan.

Ibu Muda di Grobogan Hamil 7 Bulan Positif Corona, Transmisi Lokal?

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Pemerintah mengumumkan data PDP dan ODP di Indonesia. Per hari ini, jumlah PDP menjadi 11.422 orang dan ODP menjadi 45.047 orang.

Ekspedisi Mudik 2024

"Kami memperbarui data kasus ODP, kami hanya melaporkan ODP seluruh Indonesia yang sedang kita pantau saat ini sebanyak 45.047 orang, sedangkan kasus PDP yang masih kita awasi 11.422 orang," ujar juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di Youtube BNPB, Senin (18/5/2020).

Sebelumnya diketahui, pemerintah menyampaikan data ODP dan PDP dengan jumlah akumulasi dari awal kasus hingga saat ini. Namun saat ini, pemerintah hanya menyampaikan kasus ODP dan PDP selama per hari.

Berkat Contravid, Hasil Swab 7 Peserta Ijtima Gowa di Sragen Negatif Covid-19

Data ini dikumpulkan hingga pukul 12.00 WIB tadi. Pemerintah memastikan bakal terus melakukan uji spesimen untuk mempercepat pelacakan kasus virus Corona di Indonesia.

Sementara itu, kasus virus corona Covid-19 di Indonesia hari ini mencapai 18.010 orang. Jumlah pasien sembuh Corona ada 4.324 orang dan meninggal 1.191 orang.

Data kasus virus Corona diperbarui setiap hari. Warga juga dapat mengakses situs covid19.go.id untuk melihat perkembangan kasus virus Corona.

Keren! Ini Sejumlah Upaya LIPI Atasi Pandemi Covid-19 Indonesia

Berdasarkan hasil data yang lama, Yuri memberikan penambahan jumlah ODP secara keseluruhan saat pengumuman dan dibandingkan dengan hari sebelumnya. Misalnya, terakhir pada Minggu (17/5), Yuri mengatakan bahwa terdapat peningkatan 1.427 kasus ODP menjadi 270.876 kasus secara keseluruhan.

Sementara, per Minggu (17/5/2020) terjadi peningkatan 731 kasus PDP dari hari sebelumnya, sehingga menjadi 35.800 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya