SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bandung [SPFM], Pemerintah tengah menyiapkan rancangan sistem pertahanan untuk menghadang peretas di dunia maya. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, rumusan mengenai sistem ini tengah dibahas kementeriannya bersama sejumlah lembaga negara lainnya, yakni Kementerian Pertahanan, BIN, BAIS, Polri, serta BNN. Diharapkan, ini akan menjadi sistem pertahanan yang sistemik.

Tifatul menuturkan, rencana menyusun sistem pertahanan ini menyikapi banyaknya serangan peretas di dunia maya yang dihadapi sejumlah negara. Ia mencontohkan serangan peretas yang ditujukan pada Estonia 2006 lalu melumpuhkan sistem pengendali listrik selama 3 pekan dan melumpuhkan aktivitas warganya. Iran juga mengalami serangan peretas pada kontrol reaktor nuklirnya. Selain itu, data elekronik Kedutaan Besar Amerika pernah dibobol oleh Wikileaks, situs pemerintah Malaysia berakhiran .my diserang dan dilumpuhkan selama beberapa pekan, dan tudingan peretasan surat elektronik pada raja media Rupert Murdoch. [tempo/rda]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya