SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Tiga bencana berskala besar diperkirakan terjadi dalam waktu dekat, yaitu banjir lahar dingin Gunung Merapi Yogyakarta, banjir Bengawan Solo, dan banjir di Jakarta. Pemerintah melakukan beberapa upaya untuk mengantisipasi datangnya ketiga bencana tersebut. Hal itu terungkap dalam rapat tentang penanggulangan banjir di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (14/11). Rapat dipimpin Wapres Boediono dan dihadiri sejumlah menteri terkait, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Muarif, dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Dilaporkan oleh BNPB di lereng Merapi masih ada 90 juta meter kubik material erupsi yang menumpuk dan berpotensi mendatangkan banjir lahar dingin. Sementara banjir Bengawan Solo sangat mengancam wilayah, antara lain Bojonegoro, Lamongan, Tuban, dan Gresik. Sejumlah langkah antisipasi disiapkan pemerintah, antara lain memasang alat pemantau aliran lahar dingin di 13 sungai serta mengoptimalkan operasi Kanal Banjir Timur. [dtc/rda]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya