SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (Antara-Hafidz Mubarak A.)

Solopos.com, JAKARTA --  Pemerintah kini menyerahkan urusan pengelolaan toilet di kawasan pariwisata kepada pihak asing. Adalah penyedia toilet internasional, Mister Loo, yang digandeng pemerintah. Toilet yang akan dikelola berada di kawasan superprioritas Danau Toba.

Hal itu diungkapkan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi,  Luhut Binsar Pandjaitan, dalam unggahan video di Instagramnya, @luhut.pandjaitan. Dia mengatakan kontrak pengelolaan toilet sudah dilakukan dengan Mister Loo.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Luhut melakukan kunjungan kerja ke Danau Toba untuk melihat progres infrastruktur di tempat pariwisata yang masuk kategori superprioritas tersebut. Dalam kunjungan itu, Luhut meninjau pembangunan 25 toilet yang di sekitar Danau Toba.

Baca juga: Tak Ada Kolam, Saluran Irigasi Pun Jadi Sarana Beternak Lele di Masaran Sragen

Menurutnya, pembangunan 25 toilet ini merupakan bagian tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR).

"Ada 25 toilet yang dibangun di spot turis di Toba, dan ini dari CSR dari beberapa perusahaan," ujar Luhut dalam videonya yang dikutip dari akun Instragramnya, Senin (15/2/2021).

Pembangunan 25 toilet itu Luhut menggandeng Mister Loo supaya toilet di Danau Toba tetap bersih dan nyaman untuk turis. "Jadi, kita kontrakan dengan Mister Loo, ini yang punya organisasi internasional ngurus WC," kata Luhut.

Ia menyebut, keberadaan toilet sangat penting di tempat wisata. Sebab, tak ada gunanya tempat wisata jika tak memiliki toilet yang bersih dan nyaman digunakan turis. "Kita berharap 25 toilet ini selesainya, bersamaan dengan Dermaga Porsea, Balige, dan semuanya," imbuhnya.

Baca juga: Mural dan Spanduk Ucapan Terima Kasih Rudy-Purnomo Bertebaran Di Kota Solo

Profil Mister Loo

Lalu seperti apa profil lengkap Mister Loo yang akan mengelola toilet Danau Toba?

Dikutip dari detik.com, Mister Loo adalah penyedia toilet umum inovatif yang konsepnya muncul dari Swiss. Mereka menawarkan fasilitas sanitasi yang bersih dan fasilitas menyegarkan mutakhir pada toilet umum.

Sejauh ini, Mister Loo memiliki portofolio penyediaan toilet umum di Thailand dan Vietnam. Mereka menyediakan pengelolaan toilet umum di lokasi seperti tempat wisata, pasar, pantai, kawasan pejalan kaki, serta stasiun kereta api, bus, dan pom bensin.

"Mister Loo adalah konsep toilet umum yang inovatif dari Swiss yang menawarkan toilet bersih dan fasilitas menyegarkan yang mutakhir untuk wisatawan internasional dan wisatawan lokal dalam lingkungan yang aman di lokasi umum yang sering dikunjungi. Seperti tempat wisata, pasar, pantai, juga zona pejalan kaki," bunyi keterangan yang ada di dalam website Mister Loo.

Baca juga: Jatuh Saat Banjir, Wanita Masaran Sragen Selamat Tapi Motornya Hanyut

Dalam website tersebut juga dijelaskan Mister Loo sendiri sudah memiliki tiga kantor perwakilan. Pertama ada di Zurich, Swiss; di Bangkok, Thailand, dan yang terakhir di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Ada dua orang di balik penyedia toilet internasional ini, yaitu Andreas Wanner dan Dominik Schuler. Keduanya merupakan pemilik dan penemu Mister Loo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya