SOLOPOS.COM - Menhub Budi Karya S. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, JAKARTA Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan menambah waktu cuti bersama libur Idulfitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

Durasi cuti bersama Lebaran 2023 akan bertambah sebanyak satu hari.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi seusai melakukan rapat terbatas dengan Kepala Negara di Istana Negara, Jumat (24/3/2023), penambahan cuti bersama satu hari diterapkan lantaran mempertimbangkan lonjakan volume pemudik.

Menurut Budi, pemerintah memajukan cuti libur lebaran mulai dari Rabu (19/4/2023).

Sebelumnya Surat Keputusan Bersama (SKB) menetapkan bahwa cuti bersama Lebaran 2023 sepanjang enam hari (21-26 April 2023).

“Kami tadi bersama Kapolri mengusulkan liburnya maju 2 hari, menjadi dari Rabu (19/4/2023) sudah libur dan 20 April libur tetapi masuk pada 26 April, sehingga tambah 1 satu hari dan di depan maju dua hari,” katanya kepada wartawan di komplek Istana Merdeka.

Budi menyebutkan keputusan tersebut diambil oleh pemerintah terkait dengan antisipasi lonjakan mudik masyarakat yang cukup tinggi pada tahun ini.

“Dengan volume yang banyak dan kalau itu tertuju pada 21, maka akan terjadi penumpukan luar biasa, dengan dimajukan itu pemudik bisa jalan pada tanggal 18 sore atau 19, 20, 21 April,” ujarnya.
Sementara bagi pegawai swasta ataupun PNS yang berkeinginan cuti panjang bisa dilakukan hingga 30 April—1 Mei 2023.

Dia mengatakan dalam ratas tersebut juga dibahas agar pemberian tunjangan Hari Raya (THR) dapat diberikan kepada karyawan khususnya perusahaan swasta paling lambat Selasa, 18 April 2023.

“Satu hal yang kami imbau terutama berkaita dengan swasta, agar memberikan THR lebih awal sehingga pada Selasa 18 April 2023 dipastikan karyawan sudah terima THR dan mereka bisa melakukan perjalanan mulai 18 April waktu malam,” pungkas Budi.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi Tambah Cuti Bersama Lebaran 2023”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya