Pemerintah Izinkan Anak 12 Tahun Masuk Mal, Ini Pesan Ganjar kepada Orang Tua

Pemerintah melakukan penyesuaian aktivitas masyarakat dalam PPKM terbaru mulai 21 September-4 Oktober 2021.

 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Antaranews.com)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Antaranews.com)

Solopos.com, SEMARANG – Pemerintah melakukan penyesuaian aktivitas masyarakat dalam penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) terbaru mulai 21 September-4 Oktober 2021. Salah satunya adalah pembukaan pusat perbelanjaan atau mal untuk anak di bawah usia 12 tahun.

Keputusan itu disampaikan Koordinator PPKM Jawa Bali yang juga Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marivest), Luhut B. Pandjaitan, di Jakarta, Senin (20/9/2021).

“Akan dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal bagi anak-anak di bawah usia kurang dari 12 tahun, dengan pengawasan dan pendampingan orang tua,” ujar Luhut.

Baca Juga: BJB Solo Local Festival Dorong Generasi Muda Majukan Wirausaha

Luhut menyebutkan uji coba pembukaan mal untuk anak usia di bawah 12 tahun itu berlaku untuk lima wilayah yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.Menanggapi kebijakan itu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, pun meminta masyarakat untuk tidak euforia atau senang secara berlebihan.

Ia meminta masyarakat, khususnya para orang tua untuk tidak lantas mengajak anak-anaknya jalan-jalan atau berkunjung ke mal demi mengantisipasi penularan Covid-19.

“Ya harus tetap waspada. Untuk orang tua, kalau enggak penting banget jangan ajak dulu anaknya ke mal,” ujar Ganjar saat dijumpai Semarangpos.com di kantornya, Senin (21/9/2021).

Baca Juga: Pesta Pernikahan Exclusive Bonus Pemandangan Epic, Siapa Mau

Tetap Waspada

Selain itu, Ganjar juga meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penularan Covid-19. Salah satunya dengan tetap meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Yang terpenting kami sampaikan jangan lengah. Jangan euforia! Semua disiapkan dengan baik. Cek dan ricek jangan berhenti, terutama untuk pengelola mal dan tempat wisata yang sudah diuji coba harus tetap waspada,” ujar Ganjar.
Ganjar mengaku saat ini kasus penularan Covid-19, terutama di wilayah Jateng sudah mulai melandai atau terkendali.
Dikutip dari laman Internet resmi Pemprov Jateng untuk penanganan Covid-19, hingga saat ini terdapat 4.151 kasus aktif di seluruh wilayah Jateng.

Sementara itu total kasus yang terkonfirmasi mencapai 479.634, dengan perincian 443.612 kasus sembuh, 4.151 kasus aktif, dan 31.871 kasus meninggal dunia.

Selain itu dari 35 kabupaten/kota di Jateng sudah tidak tidak ada lagi yang berstatus PPKM level 4. Berdasarkan Inmendagri No. 43 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Jawa Bali, sebanyak 18 kabupaten/kota di Jateng dinyatakan PPKM Level 2, sedangkan sisanya, 17 kabupaten/kota menerapkan PPKM Level 3.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Antam Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 21 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (21/10/2021)  hari ini tidak berubah untuk cetakan UBS, namun naik untuk cetakan Antam.

Pembatasan Kuota Solar Bersubsidi, Sopir Ngaku Rugi Waktu dan Materi

Sejumlah pengusaha dan sopir mengeluhkan pembatasan kuota BBM subsidi jenis biosolar yang membuat rugi tenaga dan waktu.

Beredar Rumor Garuda Indonesia akan Dipailitkan, Ini Respons Manajemen

Perbaikan situasi ini menjadi momentum penting dalam langkah-langkah perbaikan kinerja Garuda saat ini hingga ke depannya akan terus dioptimalkan secara bertahap dan terukur.

Penumpang Pesawat Tetap Harus Tes PCR Meski Sudah Vaksin 2 Kali

Perubahan aturan perjalanan dengan pesawat itu tertuang dalam Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3-1 di Wilayah Jawa dan Bali.

Penumpang KRL Jogja-Solo Meningkat, Minggu Paling Ramai

Tren kenaikan volume penumpang KRL pada Oktober juga dipengaruhi oleh semakin terkendalinya kasus Covid-19 di Yogyakarta dan Solo.

Jokowi : Kepala Daerah Jangan Latah! Harus Fokus pada Produk Unggulan

Presiden Jokowi berharap agar pasar dalam negeri Indonesia jangan sampai direbut oleh produk-produk negara lain.

Solo-Jakarta & Jogja-Jakarta PP Bisa Naik Bus Damri, Ini Tarifnya

Selama masa pandemi Covid-19, perusahaan mengimbau agar pelanggan menerapkan metode cashless yakni dengan pemesanan tiket Damri secara online.

Ultah Perak, Charles & Keith Rilis Koleksi dari Bahan Daur Ulang

Memperingati ulang tahun perak, Charles and Keith meluncurkan koleksi limited edition The Anniversary Series dari bahan daur ulang.

Ganti Kartu ATM BCA Lama ke Chip Sebelum Diblokir, Begini Caranya

Selain mendukung kebijakan BI, seperti dikutip dari laman bca.co.id, kartu debit berteknologi chip diklaim lebih aman sehingga bisa mengurangi risiko pencurian data kartu.

Mahfud MD Tegaskan Korban Pinjol Ilegal Jangan Bayar

Jika mengacu pada aspek hukum perdata yang juga menjadi sikap pemerintah, kegiatan pinjol ilegal dinyatakan tidak memenuhi syarat sehingga bisa dinyatakan batal atau dibatalkan.

Berantas Pinjol Ilegal, Kemenkominfo Gandeng Google dan Apple

Guna memberantas pinjol ilegal yang kian meresahkan masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng Google dan Apple.

Pengin Tajir Seperti Jeff Bezos? Simak 5 Tips Bisnis & Investasi Ini

Bermula dari mendirikan Amazon pada 1994 di garasinya di Seattle, Amerika Serikat, Jeff Bezos terus meraih sukses melalui investasi serta strategi yang dilakukannya selama ini.

Lagi Naik Nih! Simak Harga Emas Antam Rabu, 20 Oktober 2021

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., Rabu (20/10/2021) mengalami kenaikan dibandingkan harga sebelumnya.

BPH Migas Tegaskan Solar Bersubsidi Hanya untuk Kendaraan Ini

BPH Migas) menerbitkan surat relaksasi distribusi solar bersubsidi untuk mengatasi kekurangan kuota pasca-penurunan level PPKM.

PPKM Turun Level di Banyak Daerah, Pertamina Jamin Stok Solar Aman

PT Pertamina menjamin stok solar cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pemulihan kegiatan ekonomi seusai penurunan level PPKM di banyak daerah.

Superbike dan MotoGP Diharapkan Dorong Bisnis Properti di Mandalika

Jika dikaitkan dengan perhelatan World Superbike 2021 dan MotoGP 2022, sebetulnya ini akan menambah eksposur atau awareness terhadap lokasi tersebut.