SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA–Maraknya demo buruh di beberapa tempat terkait upah membuat berbagai kalangan buka suara. Menteri Perindustrian,  MS Hidayat ingin upah buruh dinaikkan hingga rata-rata Rp  juta per bulan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya menawarkan kenaikan upah secara rata-rata sampai Rp2 juta kecuali industri UKM,” kata Hidayat saat ditemui di kantor Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (12/11/2012).

Hidayat mengatakan dirinya akan menggelar rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Kapolri, dan Menkopolhukam untuk membahas maraknya demo para buruh.

“Kita ingin membahas bagaimana pencapaian kesepakatan mendekatkan kedua aspirasi buruh supaya terjadi kesepakatan. Kedua tidak ingin mengulangi lagi ada sweeping yang menggunakan kekerasan dan menuntaskan penegakan hukum,” tuturnya.

Selain itu, MS Hidayat juga berpesan kepada Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) agar memberikan kesempatan untuk menaikkan upah pada level yang disepakati. Hidayat berpesan agar perusahaan menengah industri atas mengikuti ukuran gaji PNS untuk pesangon para buruh.

“Itu yang mau saya bicarakan dengan Apindo. Pada umumnya kalau investasi besar apalagi join venture perusahaan menengah industri atas mestinya mereka sepakat. Karena saya menggunakan ukuran PNS. PNS saja yang termurah Rp2 juta,” cetus Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya