SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)--Rencana penghapusan subsidi BBM tengah mencuat saat ini. Pemerintah nampaknya bakal mengganti subsidi BBM dengan subsidi langsung yang lebih tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pemerintah bakal terus memberikan subsidi kepada masyarakat yang membutuhkan. Jadi jika subsidi BBM dihapus, subsidi ini akan dialihkan dalam bentuk lain.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jangan ada istilah penghapusan, tidak ada penghapusan subsidi. Subsidi tetap diberikan kepada pemerintah oleh bangsa ini kepada rakyatnya yang memerlukan subsidi. Sampai masyarakat kita tidak memerlukan subsidi lagi, ya catat itu!” tegas Hatta ketika ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (10/5/2011).

Menurut Hatta, pemerintah hanya akan mengatur pemberian subsidi dengan pola tertentu. Subsidi menurutnya tak mungkin dihilangkan.

“Kalau subsidi tetap diberikan seperti subsidi pupuk, subsidi kendaraan umum, itu tetap diberikan karena memang masyarakat kita masih ada yang memerlukan subsidi. Hanya memang pola subsidinya diatur ada roadmap-nya seperti apa nanti ya kita buat roadmap-nya,” ujarnya.

Hatta menyatakan pola pemberian subsidi tersebut bisa berupa bantuan langsung. Perubahan pola pemberian subsidi ini dilakukan sehingga bisa tepat sasaran kepada

“Apa subsidi langsung apa seperti apa, ini terus melakukan pengkajian-pengkajian. Subsidi tetap diberikan hanya pola pemberian subsidi harus direstrukturisasi. Mungkin dari pola pemberian subsidi pada harga bisa saja pada subsidi langsung. Jadi kita lihat dan bukan berarti subsidi dihapus. Bukan begitu. Jangan missleading,” ujarnya.

Namun, sampai saat ini, lanjut Hatta, pemerintah belum menentukan kebijakan apa guna mengatur pemberian subsidi ini. Hanya saja, pemerintah tetap mengimbau bagi masyarakat mampu untuk tidak menggunakan BBM bersubsidi.

“Sejauh ini belum ada kebijakan yang mengalihkan kecuali mengimbau dan meminta masyarakat jangan menggunakan BBM besubsidi kalau mampu,” tegasnya.

Sebelumnya, Rencana penghapusan subsidi BBM ternyata diam-diam tengah dikaji pemerintah. Rencana awalnya, di 2014 subsidi BBM akan dihapus, dan untuk orang tak mampu mekanisme subsidi akan diubah agar tak ‘bocor’.

Dirjen Migas Evita Herawati Legowo mengatakan, wacana penghapusan premium yang sempat beredar memang bisa dilakukan, namun yang paling mungkin dilaksanakan dalam waktu dekat adalah menghapus subsidi BBM.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya