SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO-Sejumlah kalangan serta aktivis pendampingan masyarakat mendesak agar beras untuk warga miskin (Raskin) di Soloraya segera didistribusikan. Sebab, harga beras di pasaran diprediksi bakal melambung tinggi jika Raskin tak kunjung disalurkan hingga pengujung tahun ini.

Program officer Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro), Rakhmad Munawir menegaskan, bahwa anggaran Raskin ke-13 sudah disetujui oleh DPR dengan anggaran senilai Rp. 1,72 triliun untuk 17 juta rumah tangga miskin se-Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terkait itulah, pemerintah daerah diminta segera bertindak cepat agar hak kaum miskin tersebut tak hangus atau terlambat disalurkan. “Apalagi kalau sampai disalurkan ketika harga beras telah melambung, maka ini sangat merugikan warga penerima Raskin,” ujarnya kepada Espos, Selasa (13/12/2011).

Dia juga mendesak pemerintah daerah hingga di tingkat kecamatan dan kelurahan agar melakukan sosialisasi kepada warga terkait Raskin ke-13 ini. Tak hanya itu, perangkat kelurahan yang belum menyelesaikan administrasi Raskin diminta segera menyelesaikan agar tak menjadi ganjalan pendistribusian Raskin.

“Terutama yang masih menunggak-nunggak itu. Jangan sampai ada alasan, Raskin ke-13 tak bisa disalurkan hanya karena persoalan administrasi,” tegasnya.

Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Jagalan, Jebres, Murjioko juga mengatakan hal serupa. Dia mengingatkan bahwa warga miskin saat ini sangat menanti datangnya Raskin ke-13.

“Biasanya, menjelang akhir dan awal tahun, harga Sembako meroket. Untuk mencegahnya, Raskin harus didistribusikan. Paling tidak, sudah disosialisasikan dahulu,” tegasnya.

Lurah Sangkrah, Pasar Kliwon, Mahendra Nugrahadi juga mengatakan,
bahwa warganya saat ini sangat berharap Raskin ke-13 tersebut tak
ditunda penyalurannya. “Warga kami banyak sekali yang menerima Raskin.
Kedatangan Raskin ke-13 sangat diharapkan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Perum Bulog Subdivre Wilayah III Surakarta, Tri Fajarjanto menjelaskan, distribusi Raskin ke-13 saat ini tengah dalam
pembahasan di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pihaknya memastikan, sebelum berakhir 2011, Raskin ke-13 sudah bisa didistibusikan kepada warga miskin.

“Saat ini lagi menunggu instruksi Gubernur. Tim kami juga tengah rapat di Semarang,” ujarnya. asa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya