SOLOPOS.COM - (Foto: Detikcom)

(Foto: Detikcom)

Nusa Dua (Solopos.com)--Pemerintah coba membujuk Hyundai dari Korea untuk membangun pabriknya di Indonesia. Pihak Hyundai sebenarnya telah menyatakan ketertarikannya menjajaki Indonesia sebagai pusat pabrik mobil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kita sedang menyakinkan Hyundai. Waktu ketemu di Korea mereka menyampaikan minatnya bahwa Indonesia yang dipertimbangkan menjadi center of car manufacturing,” kata Staf Khusus Menteri Koordinasi Perekonomian, Amir Sambodo dalam bincang dengan wartawan Rabu malam waktu setempat (18/5/2011).

Akan tetapi, pemerintah pihak Hyundai, imbuh Amir, juga tertarik untuk membangunnya di Vietnam karena di sana memiliki keleluasaan sampai dengan 5 tahun ke depan.

“Mereka juga mempertimbangkan Vietnam karena free bea masuknya, masih punya kelonggaran 5 tahun lagi,” ujarnya.

Amir menilai pemikiran pihak Hyundai juga harus mempertimbangkan Vietnam dengan jumlah penduduknya yang jauh lebih sedikit ketimbang Indonesia. Atau secara jangka panjang tidak hanya karena bebas bea masuk.

“Menurut kami kan pendek sekali kalau melihat itu aja. Lagi pula pasar Vietnam kan sangat limited,” tuturnya.

Jika Hyundai mau bangun di Indonesia, lanjut Amir, dapat meningkatkan nilai jual dari mobil Hyundai di Indonesia. Salah satunya dengan meningkatkan layanan pasca jual mobil Hyundai.

“Dalam industri mobil yang paling utama itu distribusi dan after sell service. Kualitas kan semua hampir sama. Satu lagi di Indonesia ada yang lebih penting lagi harga second hand-nya bagus,” jelasnya.

Lebih lanjut Amir menambahkan, perusahaan-perusahaan Korea sedang bagus-bagusnya dan sekarang banyak bank-bank yang akan mendukung dalam peminjaan dana.

“Kalau kami lihat Korea didukung oleh Korean Exim Bank. Perusahaan mereka lagi likuid, Bank dunia mendukung untuk investasi perusahaan Korea,” imbuhnya.

(Detikcom/nad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya