SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, HONG KONG – Hong Kong diperkirakan kembali diwarnai aksi unjuk rasa besar-besaran pada Minggu (28/7/2019), yang dipicu oleh ketidakpuasan terhadap sistem yang berlaku di kota pelabuhan itu.

Pada Sabtu (27/7), gelombang protes kembali terjadi, sekaligus menjadi akhir pekan kedelapan berturut-turut berlangsungnya aksi unjuk rasa oleh warga Hong Kong. Protes yang awalnya menolak penerapan RUU Ekstradisi, sekarang berkembang menjadi ketidakpuasan secara umum terhadap administrasi Hong Kong yang berada di bawah China. 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak diserahkan oleh Inggris ke China, Hong Kong memberlakukan “one country, two systems”. 

Protes yang berlangsung kemarin, seperti dilansir dari Bloomberg, diikuti oleh ribuan pengunjuk rasa. Mereka memenuhi kawasan Yuen Long di utara Hong Kong, dekat perbatasan dengan China daratan, sebagai bentuk penolakan terhadap serangan yang diduga dilakukan oleh anggota triad terhadap para pengunjuk rasa di stasiun kereta bawah tanah pada pekan lalu.

Pemerintah Hong Kong menyesalkan unjuk rasa tersebut dan mengutuk para pengunjuk rasa yang disebut menyerang barikade polisi, mengganggu kedamaian publik, dan menentang hukum. Adapun polisi menuding para pengunjuk rasa tidak memikirkan keamanan pribadi warga setempat dan publik.

Polisi menggunakan peluru karet dan gas air mata untuk membubarkan massa. Yolanda Yu, salah satu pejabat Kepolisian Hong Kong, menyatakan bahwa para pengunjuk rasa melemparkan pemadam api ke petugas. 

Max Chung, koordinator unjuk rasa, mengklaim sekitar 288.000 orang ikut serta dalam protes ini. “Kami belum melihat perkembangan apapun dari pemerintah. Oleh karena itulah, kami harus terus turun ke jalan,” ujar Cat Cheung, mahasiswa yang ikut berunjuk rasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya