SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)--Pemerintah akan membentuk tim nasional (Timnas) pemenuhan target surplus beras 10 juta ton, yang ditetapkan Presiden SBY terkait ketahanan pangan. Timnas beras ini akan diketuai oleh Menteri Pertanian (Mentan), Suswono.

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Bayu Krisnamurthi mengungkapkan, Timnas tersebut nantinya akan bekerja untuk mengawal instruksi Presiden SBY terkait peningkatan produksi beras dan mewujudkan target surplus beras 10 juta ton dalam 5 – 10 tahun ke depan.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Beliau inginkan kita surplus 10 juta ton dalam 5-10 tahun ke depan dan ini butuh langkah-langkah lebih dari kita semua untuk mewujudkan itu. makanya kita harus siap, sementara saya sebut saja tim nasional surplus 10 juta ton,” ujar Bayu saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Rabu (2/3/2011).

Menurut Bayu, Timnas ini sekarang memang belum ada SK-nya. Namun materi dan berbagai hal untuk persiapannya sudah dibuat oleh Mentan.”Sampai sekarang kita belum ada, belum ada SK-nya. Tapi yang menyiapkan materinya dan sebagainya adalah Mentan,” ujarnya.

Bayu yakin permintaan SBY akan bisa dipenuhi, kalau dilihat dari pengalaman dalam 15 tahun terakhir. “Kalau belajar dari pengalaman dalam 10-15 tahun ini kalau Aram I (angka ramalan gabah kering giling) 1,35%  realisasinya terjadi peningkatan produksi hingga 3,5-4%. Jadi kita harus kejar 1-2% lagi, tambahan peningkatan 1-2% lagi itu tidak terlalu atau bukan hal yg sangat mustahil,” tandasnya.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya