SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Warga diminta tidak panik karena tidak ada pelebaran JJLS

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPUPESDM) DIY membantah adanya rumor terkait dengan tambahan lebar ruas Jalur Jalan  Lintas Selatan (JJLS) sebesar sepuluh meter.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan, DPUPESDM DIY Bambang Sugaib mengungkapkan, masyarakat tidak perlu khawatir karena pembebasan dengan lebar 40 meter sudah memenuhi standar dan sesuai dengan perencanaan dari Pemerintah Pusat. “Tambahan perlebaran itu tidak ada. Jadi warga tidak perlu khawatir karena rencana pembangunan tidak ada perubahan,” kata Bambang, Sabtu (11/11/2017).

Baca juga : Rumor Pelebaran JJLS Bikin Warga Gunungkidul Gundah Gulana

Dia menjelaskan, pembangunan JJLS dilaksanakan dengan lebar ruas jalan sepanjang 30-40 meter. Perbedaan pembangunan terjadi karena disesuaikan dengan kontur titik jalan yang akan dilalui. “Kalau kondisinya perbukitan maka lebar jalan mencapai 40 meter. Sedang untuk yang datar akan kurang maka ruasnya akan lebih sempit,” ucap Bambang.

Sebelumnya, warga di sepanjang Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Gunungkidul resah dengan adanya rumor pelebaran jalan yang direncanakan oleh Pemerintah DIY. Kabar yang berkembang, jalan akan diperlebar dari 40 meter menjadi 50 meter.

Kepala Dusun Sawah, Girisekar, Panggang Anjar Gunantoro mengatakan, isu terkait dengan pelebaran JJLS sudah santer terdengar di masyarakat sejak satu bulan terakhir. Bahkan dari kabar yang beredar, perlebaran ini sudah dituangkan dalam SK Gubernur DIY yang ditandatangani oleh Sultan HB X. “Ini yang membuat warga khawatir karena perlebaran dilakukan secara menyeluruh di wilayah Gunungkidul,” kata Anjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya