SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Pemerintah mengakui buah lokal kurang laku dipasaran dibanding buah impor. Harga buah lokal kalah saing dengan buah impor karena harganya yang terlalu mahal. Demikian disampaikan Menteri Pertanian Suswono saat ditemui di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (10/7). Menurut Suswono, tingginya harga buah nasional karena panjangnya rantai tata niaga akibat belum adanya perkebunan yang khusus menyediakan buah. Selain itu, lanjut Suswono, buah lokal belum memiliki penanganan pasca panen layaknya buah impor yang justru bisa disimpan hingga berbulan-bulan bahkan menahun. Hal ini menyebabkan buah impor ada sepanjang tahun dibandingkan buah lokal.

Suswono menegaskan perlunya penanganan pasca panen dan pemutusan rantai tata niaga yang panjang. Suswono juga menyayangkan tingginya harga buah lokal tersebut tidak diiringi dengan peningkatan kesejahteraan petani. Untuk itu, pemutusan rantai tata niaga tersebut selain bisa membuat harga buah lokal, dapat pula mensejahterakan petani buah. [dtc/lia]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya