SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR — Tim gabungan dari petugas Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar dan Satlantas Karanganyar kembali melakukan pemeriksaan armada dan kendaraan bermotor di Jl Lawu, Popongan, Rabu (14/8/2013). Sedikitnya, dua truk yang mengangkut manusia dan puluhan sepeda motor ditilang lantaran melanggar kelengkapan administrasi.

Operasi pemeriksaan kendaraan bermotor dilakukan serentak di wilayah Polda Jateng. Di Karanganyar, operasi pemeriksaan kendaraan bermotor dilaksanakan di dua titik jalan yakni Jl Lawu, Popongan dan pertigaan Sroyo, Jaten. Pemeriksaan kendaraan bermotor diprioritaskan pada armada dan truk terutama kelengkapan teknis dan administrasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

KBO Satlantas Polres Karanganyar, Iptu Lutfi Novianto, mewakili Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Suwarsi, mengatakan pemeriksaan armada dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat tak berfungsinya kelengkapan teknis bus seperti rem dan ban. Apabila kelengkapan teknis bus dinilai tak normal maka diminta dikandangkan ke garasi.
“Keselamatan penumpang dan pengguna kendaraan bermotor diprioritaskan makanya kelengkapan teknis bus diperiksa satu persatu,” katanya, Rabu pagi.

Sopir truk yang mengangkut manusia langsung ditilang lantaran melanggar aturan. Truk dilarang mengangkut manusia lantaran dapat membahayakan keselamatan penumpang dan para pengguna kendaraan bermotor lainnya. Penumpang di atas truk diminta turun dan berganti dengan naik bus ke daerah yang dituju.

Para petugas juga memeriksa kelengkapan teknis armada satu persatu seperti rem dan ban. Petugas juga memeriksa kelengkapan administrasi armada seperti izin trayek dan kir. Apabila tak laik operasional maka bus diminta dikandangkan hingga kelengkapan teknis bus yang rusak diperbaiki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya