Pameran Prasejarah Terbesar akan Digelar di De Tjolomadoe, Karanganyar

Pameran prasejarah terbssar di dunia akan bekerja sama dengan Museum Geologi.

 Museum Sangiran Klaster Ngebung di wilayah Kecamatan Kalijambe, Sragen. (Istimewa/Pemkab Sragen)

SOLOPOS.COM - Museum Sangiran Klaster Ngebung di wilayah Kecamatan Kalijambe, Sragen. (Istimewa/Pemkab Sragen)

Solopos.com, SRAGEN—Pameran Kampung Purba bakal menjadi pameran prasejarah terbesar di dunia yang nantinya bertempat di De Tjolomadoe, Karanganyar, selama 14 hari dimulai pada 12 September 2022 mendatang.

Pameran Kampung Purba itu bagian dari rangkaian Sangirun Night Trail 2022 yang dipusatkan di Sangiran, Kalijambe, Sragen.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Hilmar Farid dalam jumpa pers virtual, Rabu (10/8/2022) siang, menyampaikan Pameran Kampung Purba tersebut digelar dengan menggandeng Museum Geologi Bandung.

Dia mengatakan pameran itu mengangkat kehidupan manusia purba jutaan tahun silam.

“Tentu dalam pameran ini juga memperlihatkan Indonesia sebagai salah satu tempat situs warisan prasejarah yang terbanyak di dunia. Ini kelebihan yang perlu disadari bersama. Kami bisa mengidentifikasi tempat-tempat prasejarah mulai dari Sangiran sampai Sumatra,” ujar dia.

Pelaksana kegiatan Sangirun Night Trail 2022 dari Komunitas Luar Kotak, Andre Donas, menjelaskan Pemeran Kampung Purba di eks pabrik gula De Tjolomadoe itu bertajuk Revolution dan menjadi pameran prasejarah terbesar di dunia.

Dalam pameran itu, Andre menjelaskan akan digambarkan kehidupan prasejarah dimulai dari berburu hingga menetap, terdiri dari beberapa klaster dan menggunakan teknologi multimedia. Dia berharap dengan teknologi penonton lebih mudah memahami situasi kehidupan prasejarah.

“Konsepnya merupakan gabungan cara instalasi dan multimedia. Ada tayangan yang menarik nanti. Kami juga membawa mumi dari Mamasa, Sulawesi Barat, yang nantinya bisa menjadi daya tarik bagi penonton,” ujarnya

Sementara di Sangiran, Sragen, Andre juga menggelar Sangiran Fair dengan menyajikan pasar budaya terbesar dari desa-desa di seputaran Sangiran.

Dia mengundang orang dari luar negeri datang ke Sangiran. Di Sangiran Fair itu, jelas dia, bukan hanya performing art dan jualan tetapi juga menampilkan potensi kehidupan masyarakat Sangiran.

Dia mengatakan pada 2021 lalu ada 10 desa yang dilewati dengan menunjukkan potensi desa wisata tetapi sekarang potensi 10 desa itu ditampilkan di pasar budaya.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyebut desa-desa di Sangiran yang bisa ditampilkan terdiri atas empat desa yang masing-masing merupakan klaster Museum Sangiran, yakni Desa Bukuran, Krikilan, Ngebung, di Kecamatan Kalijambe dan Manyarejo di Kecamatan Plupuh.

Di Karanganyar juga ada empat desa, di antaranya Desa Rejosari, Krendowahono, dan Dayu yang semua masuk di Kecamatan Gondangrejo.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Wali Kota Gibran Ikut Membatik di Festival Laweyan

      Kegiatan Festival Laweyan 2022 bertajuk Nyanting Bareng juga diikuti oleh Putra Putri Solo, Camat Laweyan, dan Lurah di Kecamatan Laweyan.

      Bawaslu Sragen Perpanjang Pendaftaran di Empat Panwascam

      Bawaslu Sragen memperpanjang pendaftaran di empat panwascam, yakni Gesi, Masaran, Sambirejo, dan Miri.

      Dilema Pedagang Pasar Bunder Sragen, Harga Kedelai Naik, Harga Tahu Tetap

      Harga tahu di Pasar Bunder Sragen mulai naik semenjak pandemi Covid-19. Kenaikan harga kedelai mulai signifikan sejak dua pekan lalu, yang naik hingga Rp2.000/kg.

      Kenalkan Dunia Kerja, Solocom Adakan Kunjungan Industri ke Solopos

      Kunjungan Solocom diikuti sebanyak 22 peserta Program Kecakapan Kerja (PKK) dimana ini merupakan program kursus komputer gratis dari pemerintah.

      Solopos Hari Ini: Bertaruh Keselamatan di Bengawan

      Kehadiran jembatan sasak yang menghubungkan Solo dan Sukohario menjadi dilema karena berisiko tinggi, namun juga menjadi jalur alternatif di tengah macetnya lalu lintas akibat pembangunan fisik yang nyaris tanpa jeda.

      Mantap Nih! Farel Prayoga bakal Tampil di Perayaan Hari Batik Nasional di Solo

      Penyanyi cilik ternama Farel Prayoga djadwalkan memeriahkan perayaan Hari Batik Nasional di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Kemendikbudristek Tetapkan Manuskrip Imam Tabbri Jadi WBTB Pertama Asal Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon Imam Tabbri menjadi WBTB pertama di Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon asal Sragen Diusulkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

      Kitab Primbon Haji Tabbri dulunya disampaikan dalam tradisi sorongan di Pondok Pesantren Haji Tabbri di Desa Donoyudan, Kecamatan Kalijambe.

      Agenda Solo Hari Ini: Event Batik di Mana-Mana, Ada Acara Makan Gratis juga

      Agenda Kota Solo hari ini, Sabtu (1/10/2022), cukup padat dengan berbagai acara memperingati Hari Batik Nasional yang digelar di beberapa tempat.

      Harga Pertamax di Sragen Turun, Pengelola SPBU Lakukan Penyesuaian Totem

      Pengelola SPBU di Sragen langsung menyesuaikan di seluruh peralatan SPBU setelah ada pengumuman penurunan harga Pertamax mulai Sabtu (1/10/2022).

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022, Tak Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022, Siang Hujan Lebat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Hujan Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Sabtu 1 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.