SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pemekaran wilayah Cilacap diharapkan DPRD setempat segera mendapat rekomendasi dari Gubernur Jateng. 

Kanalsemarang.com,SEMARANG- Anggota DPRD Jawa Tengah mendesak Gubernur Ganjar Pranowo untuk memberikan rekomendasi persetujuan pemekaran Kabupaten Cilacap menjadi Kabupaten Cilacap dan Cilacap Barat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

”Tidak ada alasan bagi Gubernur untuk tidak mendukung pamakaran Cilacap sebab semua persyaratan sudah disampaikan ke Gubernur karena dari segi geografis jumlah penduduk Cilacap sudah sangat banyak,” kata anggota Fraksi PDIP DPRD Jateng Samirun kepada wartawan di Gedung Berlian, Jl. Pahlawan, Kota Semarang, Rabu (18/11/2015).

Pemekaran Kabupaten Cilacap, lanjut dia telah mendapatkan dukungan dari masyarakat Cilacap bagian barat, termasuk hasil kajian dari Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang menyatakan Cilacap layak dimekarkan.

Pasalnya menurut Samirun, Cilacap bagian yang terdiri dari 10 kecamatan dan ratusan desa sudah sangat layak untuk menjadi wilayah kabupaten sendiri.

Di samping itu, imbuh dia, masyarakat Cilacap bagian barat secara geografis lokasinya sangat jauh dari pusat kota sehingga mengalami kesulitan untuk mengurus administrasi kependudukan.

”Jaraknya Cilacap bagian barat dengan pusat kota di Kabupaten Cilacap sangat jauh serta membutuhkan biaya cukup besar yang sangat memberatkan masyarakat,” ungkap Samirun.

Dia menambahkan Gubernur Ganjar Pranowo yang juga dari PDIP sebelumnya telah menyatakan akan membawa sendiri aspirasi masyarakat Cilacap ke pemerintah pusat.
”Hal ini menunjukkan Gubernur tidak akan menghalang-halangi aspirasi masyarakat Cilacap yang menginginkan pemekaran,” tandasnya.

Sementara itu, Presidium Pemekaran Kabupaten Cilacap, Bambang Suharto meminta DPRD dan Gubernur Jateng segera mengeluarkan rekomendasi, mendukung dan menyetujui rencana pemekaran Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Cilacap Barat.

Menurut dia, semua persyaratan yang dibutuhkan untuk pemekaran wilayah Kabupaten Cilacap sudah lengkap terpenuhi semua serta telah disampaikan ke DPRD dan Gubernur Jateng beberapa waktu lalu.

“Kami minta agar DPRD dan Gubernur Jateng segera memberikan rekomendasi untuk selanjutnya diajukan ke Presiden,” pinta dia saat mendatangi Kantor DPRD Jateng.

Bambang mengaku sudah bertemu secara formal dengan Gubernur Ganjar Pranowo yang memberikan sinyal memberikan dukungan pemekaran Cilacap.
Pemekaran Cilacap menjadi Kebupaten Cilacap dan Cilacap Barat, menurut Bambang, bukan keinginan satu dua orang saja, tapi semua pihak, bupati, DPRD kabupaten, camat, kepala dasa, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat.

Kondisi sosial, politik, geografis Cilacap bagian barat juga memenuhi syarat menjadi kabupaten sendiri karena memiliki potensi pendapatan asli daerah (PAD), jumlah penduduk, dan luasan wilayah.

”Cilacap bagian barat memiliki 10 kecamatan yakni Deyuhluhur, Wanarejo, Mejenang, Cimanggu, Karangpucung, Ganding Mangu, Sidarejo, Kedungrejo, Patimuwan, serta Cipari. Kami sudah memperjuangkan ini [pemekaran Kabupaten Cilacap Barat] selama 12 tahun,” beber dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya