Kepadatan kawasan hunian Kota Solo difoto dari ketinggian gedung bertingkat. (dok Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Solo, bakal dipecah menjadi dua kelurahan. Satu kelurahan baru disepakati akan bernama Kelurahan Kentingan.

Batas wilayahnya dari perempatan Sekarpace Jl. Ir Sutami ke arah barat sampai Tugu Cembengan menyusuri Jl. Tentara Pelajar sampai Kalianyar.

Rencana pemekaran Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Solo, ini tengah dalam proses penyusunan naskah akademik (NA). Lurah Jebres, Training Hartanto, menjelaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengadakan sosialisasi dan validasi dengan mengundang perwakilan 36 RW di Kelurahan Jebres, LPMK, PKK, tokoh masyarakat, dan karangtaruna di De’lima Resto dan Catering, Jebres, Solo, Kamis (7/11/2019) pagi.

ABG Wonogiri Diperkosa 6 Orang, Polisi Buru Pelaku Lain

Dalam pertemuan tersebut disepakati pembagian Jebres menjadi dua kelurahan. “Dari perolehan suara terbanyak telah disepakati nama kelurahan baru yaitu Kentingan. Dua wilayah dibatasi perempatan Sekarpace Jl. Ir Sutami ke arah barat sampai Tugu Cembengan menyusuri Jl. Tentara Pelajar sampai Kalianyar,” ujarnya kepada Solopos.com saat ditemui di kantornya, Senin (11/11/2019).

Dia mengatakan wacana pemekaran Kelurahan Jebres muncul sejak satu tahun lalu. Tujuannya memberikan pelayanan publik lebih baik kepada warga. Kelurahan Jebres terdiri dari 36 RW dengan jumlah penduduk sekitar 33.000 jiwa.

Cari Keong, Perempuan Sragen Temukan Mayat di Pinggir Bengawan Solo

“Wilayah Kelurahan Jebres merupakan yang terbesar kedua setelah Kelurahan Mojosongo di Kota Solo. Pemekaran akan mempermudah pelayanan dan Kelurahan Jebres sudah memiliki persyaratan untuk pembentukan kelurahan,” ungkapnya.

Menurut Training, lokasi kantor Kelurahan Kentingan belum ditentukan. Tetapi pada pertemuan Kamis pekan lalu terdapat tiga alternatif calon kantor kelurahan tersebut.

Ketiganya yakni kawasan Solo Techno Park, Makam Bong Mojo, dan Pondok Persada.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten