Pemdes Tak Tahu 2 Tambang di Sekitar Lereng Merapi Klaten Digerebek Bareskrim Polri
Ilustrasi garis polisi (polri.go.id)

Solopos.com, KLATEN – Jajaran Bareskrim Polri sempat menggerebek lokasi tambang galian C di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Tlogowatu, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jumat (5/3/2021) pukul 14.30 WIB.

Kuat dugaan, penggerebekan itu terkait penelusuran perizinan tambang galian C di lereng Gunung Merapi. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, jajaran Bareskrim Polri datang ke lokasi penambangan di kawasan perbatasan Tlogowatu, Kemalang (Klaten)-Jemowo, Tamansari (Boyolali).

Baca juga: Ditawari Uang Rp125 Juta Agar Ikut KLB, Ketua DPC Partai Demokrat Solo Emoh

Di lokasi tersebut, polisi sempat membetangkan police line. Selain di Tlogowatu, jajaran Bareskrim Polri juga "bergerak" ke Bandungan, Jatinom.

"Kemarin ada penggerebekan di lokasi tambang (galian C) di Tlogowatu. Selain itu, ada beberapa titik lainnya. Dugaannya terkait perizinan. Selain Tlogowatu, ada di Bandungan juga," kata sumber Solopos.com, Sabtu (6/3/2021).

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Tlogowatu, Kecamatan Kemalang, Suprat Widoyo, mengaku tak mengetahui secara detail kedatangan anggota Bareskrim Polri ke wilayahnya. Meski seperti itu, kabar kedatangan aparat polisi di wilayahnya sudah menyebar di beberapa warga di Tlogowatu.

"Saya tahunya, Jumat (5/3/2021) malam. Itu pun tahunya dari warga. Di malam itu juga, saya sempat melihat truk trailer naik. Tapi, saya enggak tahu apakah ada kaitannya dengan penelusuran polisi itu. Selama ini, pemdes memang jarang dikasih tahu ketika ada polisi yang melakukan penggerebekan. Di tahun 2020, di lokasi kami ada satu penggerebakan yang dilakukan polisi," katanya.

Baca juga: Waduk Cengklik Park Boyolali Dibuka, Ada Kampung Sakura di Dalamnya 

Kasatreskrim Polres Klaten, AKP Andriansyah Rithas Hasibuan, belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait penggerebekan yang dilakukan jajaran Bareskrim Polri ke Tlogowatu dan Bandungan.

"Belum ada info. Coba, nanti saya cek terlebih dahulu," kata AKP Andriansyah Rithas Hasibuan, mewakili Kapolrea Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, Jumat (5/3/2021) malam.



Berita Terkini Lainnya








Kolom