SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Pemerintahan Desa (Pemdes) Wonogiri membutuhkan 2.761 pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk ditempatkan pada 251 desa.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Wonogiri, Sriyono, saat ditemui Solopos.com di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Senin (29/10/2012), mengatakan pembentukan Pemdes dilaksanakan mulai Senin (5/11/2012) sampai Minggu (9/12/2012) mendatang. Itu artinya pergantian BPD tersebut bersamaan dengan proses Pilkades yang akan berlangsung di 88 desa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sriyono mengatakan 2.761 pengurus itu dihitung dari 11 orang setiap desa dikalikan jumlah desa di Wonogiri sebanyak 251 desa. Dia menambahkan pengurus terpilih nantinya dilantik camat setempat mewakili Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto.

Sriyono mengatakan proses pemilihan pengurus BPD melalui berbagai tahap meliputi sosialisasi tingkat dusun lalu proses pemilihan tingkat desa baru sampai pelantikan. Dia menambahkan untuk menjadi pengurus BPD minimal usia 25 tahun dan memiliki pendidikan minimal setara SMP.

Dia menerangkan pergantian BPD dilakukan serentak di seluruh desa Kabupaten Wonogiri, hal itu berbeda dengan Pilkades yang tidak selalu serentak. “Kalau Pilkades tidak selalu serentak, karena terkadang ada Kades yang meninggal, mengundurkan diri, atau lainnya. Tetapi kalau BPD bisa serentak sesuai masa jabatan mereka, enam tahun sekali,” terangnya.

Dia menuturkan selama ini pengurus berasal dari kalangan tokoh masyarakat dan maksimal kepengurusan BPD selama dua kali periode. “Pengurus dapat gaji dari dana operasional APBDes itu sesuai Perda nomor 5 tahun 2006 tentang BPD,” ujarnya.

Sriyono menuturkan pemilihan pengurus BPD segera dilaksanakan karena kinerja pengurus BPD saat ini sudah enam tahun. “Sebelum Pilkades tahap III harus sudah selesai pembentukan BPD,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya