SOLOPOS.COM - Kades Sidowayah, Mujahid Jaryanto, (solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Pemerintah Desa (Pemdes) Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten rutin mengedukasi warganya agar selalu menaati protokol pencegahan Covid-19. Mereka juga mendukung upaya pencegahan penyebaran covid-19 di masyarakat. Salah satunya dengan meminjamkan thermo gun ke warganya yang memerlukan.

Thermo gun ini biasanya digunakan masyarakat saat menggelar kegiatan kumpul-kumpul banyak orang. Sebelum mengikuti acara, tamu akan dicek suhu tubuhnya menggunakan thermo gun sebagai upaya deteksi awal kemungkinan adanya gejala Covid-19.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kami memiliki tiga thermo gun. Biasanya ada yang ingin meminjam karena ada acara tertentu. Peminjaman dikoordinasi oleh masing-masing kepala dusun (kadus),” kata Kepala Desa Sidowayah, Mujahid Jaryanto, kepada Solopos.com, Kamis (15/10/2020).

Raih Opini WTP 9 dan 2 Kali, Boyolali dan Klaten Terima Plakat dan Piagam Menkeu

Ia mengatakan kehidupan di perdesaan tak terlepas dari budaya kumpul-kumpul sesama tetangga. Hal itu termasuk saat ada kegiatan, baik di tingkat RT/RW, dukuh, atau pun desa.

Selain meminjamkan thermo gun, Pemdes juga sudah membagikan masker gratis kepada warga. Kemudian, aparat desa juga rutin melakukan razia protokol kesehatan Covid-19 dengan sasaran warga yang tak memakai masker.

“Pembagian masker masih kami lakukan sampai sekarang. Saya pun selalu membawa ratusan masker yang siap dibagi-bagikan di jok sepeda motor saya . Lalu, kami juga sering meminjamkan thermo gun ke warga yang ingin mengecek suhu tubuh,” papar Mujahid.

Jos! Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Klaten Tertinggi di Jateng

Diantara semua upaya itu, menurut dia, mengedukasi dan membangun kesadaran warga terkait pentingnya protokol kesehatan terutama mengenakan masker untuk mencegah penularan corona. “Setidaknya dengan menaati protokol kesehatan [termasuk rutin menambah imun tubuh], semuanya tetap terjaga kesehatannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya