SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, KULONPROGO- Bupati Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama para bupati lain dan walikota mendampingi Wakil Gubernur Paku Alam IX dalam studi banding pemanfaatan dana otonomi khusus di Kabupaten Sorong, Papua.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan kunjungan untuk studi banding ke provinsi paling timur Indonesia ini akan dilakukan selama tiga hari.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Menurut dia, berangkat pada Rabu (27/8/2014) siang, dan kembali ke DIY pada Sabtu (30/8/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

“Kunjungan ini adalah program Pemda DIY bersama pemkab dan pemkot dalam rangka studi banding atau belajar memanfaatkan kucuran dana dari pemerintah pusat yang di Provinsi Papua ada dana otonomi khusus, sedangkan di DIY disebut dana keistimewaan [danais],” kata Hasto.

Ia mengatakan kunjungan ini dalam rangka menambah wawasan terkait danais, dengan mencari informasi tentang pemanfaatan dana otonomi khusus di Provinsi Papua, sehingga danais di DIY dapat dimanfaatkan maksimal untuk sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat.

Menurut Hasto, Pemkab Kulonprogo pada 2014 memperoleh danais untuk urusan kebudayaan dari Pemda DIY sebesar Rp29,045 miliar, namun berdasarkan hasil monitoring pada kuartal II per 11 Agustus 2014, penyerapan anggarannya ternyata baru mencapai Rp3,770 miliar, atau baru 12,98%, kurang dari 20 persen terhadap pagu tahap I sebagai syarat penyaluran tahap II sebesar 55 persen dari pagu total danais untuk Kulonrogo.

“Kami memaklumi masih rendahnya serapan danais ini. Konsep kegiatan yang digunakan untuk menyerap danais masih terus kita pelajari, termasuk dengan belajar ke Papua,” kata dia.

Hasto juga berharap pada tahun depan di Kulonprogo ada SKPD yang secara khusus mengelola danais, sehingga permasalahan terkait anggaran dan kegiatan dapat terpecahkan.

“Semoga danais dapat terserap dengan baik, dan sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya