SOLOPOS.COM - Bus baru Trans Jogja berwarna biru siap mengaspal, Rabu (25/5/2016). (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja)

Pemda DIY tengah mempertimbangkan lajur khusus

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Perhubungan DIY, melalui Unit Pelaksana Teknis Trans Jogja, mengeluarkan wacana pembuatan lajur khusus Trans Jogja. Hal ini dilakukan supaya waktu tempuh angkutan umum tersebut semakin cepat dan tepat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Supaya layanan angkutan umum, khususnya Trans Jogja bisa optimal, perlu ada prioritas. Berkaca dari negara-negara lain dan paling dekat DKI Jakarta, maka harus dibuat lajur khusus bagi Trans Jogja,” jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Trans Jogja Dinas Perhubungan DIY, Sumaryoto saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (13/9/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengakui selama ini Trans Jogja belum banyak dilirik masyarakat karena waktu tempuhnya yang lumayan lama sehingga waktu antre di halte pun otomatis juga lama. Padahal, imbuhnya, masyarakat dewasa ini sangat membutuhkan ketepatan waktu seiring dengan aktivitas yang semakin bertambah.

Karena itulah pembuatan lajur khusus dipandang sebagai salah satu jawaban agar nantinya Trans Jogja, saat beroperasi, tidak diganggu kendaraan lain yang semakin hari kian menumpuk di jalan raya.

Sumaryoto menyampaikan karena keterbatasan kapasitas jalan, maka kemungkinan besar pembuatan lajur khusus hanya bisa di terapkan di seluruh ruas Ringroad serta dari Prambanan hingga Jalan Janti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya