Pembunuhan Sukoharjo: Seusai Habisi Yulia, Eko Mandi & Pasang Jaringan Internet di Rumah Tetangga
Pelaku Eko Prasetyo, 30, memeragakan adegan saat menghabisi korban Yulia di lokasi kandang ayam di Dukuh Ngesong, Desa Puhgogor, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo pada Senin (26/10/2020). (Istimewa/Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Rekonstruksi kasus pembunuhan Yulia, 42, warga Pasar Kliwon, Solo, oleh Eko Prasetyo, 30, yang digelar Polres Sukoharjo, Senin (26/10/2020), menguak sejumlah fakta.

Dalam reka adegan peristiwa yang terjadi pada Selasa (20/10/2020) malam itu, Eko sempat kembali ke rumah setelah membunuh Yulia di kandang ayam miliknya, kawasan Bendosari, Sukoharjo, Selasa (20/10/2020) malam.

Eko bahkan masih sempat memasang jaringan Internet di rumah tetangga tak jauh dari rumahnya. Kasatreskrim Polres Sukoharjo AKP Muhammad Alfan mengungkapkan hal tersebut seusai pra-rekonstruksi kasus pembunuhan Yulia di kandang ayam Dukuh Ngesong, Desa Puhgogor, Bendosari, Sukoharjo, Senin.

Satu Nakes Positif Covid-19, Puskesmas Gambirsari Solo Tutup Sementara

"Eko ini sempat pulang ke rumah, mandi dan ganti baju yang banyak bercak darah [Yulia]. Eko juga masih aktivitas biasa pasang jaringan Internet," kata Kasatreskrim.

Mengambil Bensin

Eko kembali ke rumah sejak Magrib dan meninggalkan jasad Yulia dalam mobil Daihatsu Xenia di area kandang ayam sekitar 500 meter dari rumahnya. Eko menghabisi nyawa Yulia dengan memukulnya menggunakan linggis sebanyak tujuh kali pada bagian kepala.

Eko lantas kembali ke kandang ayam sekitar pukul 21.00 WIB dengan rencana membakar korban. "Pelaku ini mengambil bensin pakai jeriken yang biasa ia pakai untuk mesin selepan [penggilingan padi]. Kemudian jeriken ia bawa ke kandang ayam untuk membakar korban," terang Kasatreskrim.

Warga Wonogiri Meninggal di Hotel Wilayah Keprabon Solo Ternyata Anggota Staf KPU

Warga Sukoharjo pelaku pembunuhan Yulia itu selanjutnya membawa mobil Daihatsu Xenia dengan jasad Yulia dalam bagasi menuju jalan raya Bekonang- Wonogiri. Sampai halaman toko bangunan Mekar Jaya, pelaku membakar korban bersama mobil tersebut.

Kasatreskrim mengatakan pelaku sempat kebingungan bagaimana membuang jasad korban, hingga akhirnya pelaku membakar korban. Pembakaran itu secara spontanitas, karena pelaku sempat kebingungan setelah membunuh korban.

Pengungkapan

Diberitakan sebelumnya, pengungkapan kasus pembunuhan ini berawal dari penemuan mayat perempuan dalam mobil yang terbakar di Dukuh Cendana Baru, Desa Sugihan, Bendosari, Sukoharjo, Selasa (20/10/2020) malam.

Tambahan 40 Kasus Baru Covid-19 Solo Pada Akhir Pekan, 6 Di Antaranya Anak-Anak

Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan mengetahui identitas perempuan itu yakni Yulia, istri seorang dokter asal Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo. Kepolisian juga akhirnya memperoleh keterangan Yulia merupakan korban pembunuhan.

Pembunuhnya tertangkap beberapa jam setelah penemuan jasad Yulia. Pelaku yang bernama Eko Prasetyo tak lain adalah rekan bisnis ternak ayam Yulia. Motif Eko menghabisi Yulia karena ingin utangnya kepada Yulia senilai Rp145 juta selesai.

Selain itu Eko juga berusaha menguasai harta korban dengan mengambil uang dalam tas Yulia senilai Rp8 juta serta dari M-Banking Yulia senilai Rp15 juta. Uang itu belum sempat digunakan oleh Eko karena keburu tertangkap.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom