SOLOPOS.COM - Pelaku Eko Prasetyo, 30, memeragakan adegan saat menghabisi korban Yulia di lokasi kandang ayam di Dukuh Ngesong, Desa Puhgogor, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo pada Senin (26/10/2020). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardhani)

Solopos.com, SUKOHARJO – Pelaku pembunuhan Yulia, Eko Prasetyo, 30, membakar jasad korban secara spontan. Kasatreskrim Polres Sukoharjo AKP Muhammad Alfan pelaku sempat kebingungan dengan jasad korban.

Akhirnya pelaku membakar jasad korban. Pembakaran dilakukan secara spontanitas karena pelaku sempat kebingungan setelah membunuh korban pada Selasa (20/10/2020) malam. Pembunuhan dilakukan di kandang ayam dekat rumah pelaku.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Terungkap! Eko Pukul Kepala Yulia 7 Kali Pakai Linggis

Eko bahkan masih beraktivitas memasang jaringan internet di rumah tetangga tak jauh dari rumahnya. Hal itu diungkapkan Kasatreskrim Polres Sukoharjo AKP Muhammad Alfan seusai pra-rekonstruksi kasus pembunuhan Yulia di kandang ayam di Dukuh Ngesong, Desa Puhgogor, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo pada Senin (26/10/2020).

Ekspedisi Mudik 2024

"Eko ini sempat pulang ke rumah mandi dan ganti baju yang banyak bercak darah. Eko juga masih aktivitas biasa pasang internet," kata Kasatreskrim.

Eko kembali ke rumah sejak magrib dan meninggalkan jasad Yulia di dalam mobil Daihatsu Xenia di area kandang ayam yang berjarak 500 meter dari rumahnya.

Tok! Petinggi Sunda Empire Divonis Hukuman 2 Tahun Penjara

Dipukul Linggis 7 Kali

Yulia dihabisi Eko dengan dipukul menggunakan linggis sebanyak tujuh kali di bagian kepala. Eko lantas kembali ke kandang ayam sekitar pukul 21.00 WIB dan merencanakan membakar korban.

"Pelaku ini mengambil bensin dengan jeriken yang biasa digunakan untuk mesin selepan [penggilingan padi]. Kemudian jeriken dibawa ke kandang ayam untuk membakar korban," katanya.

Eko selanjutnya membawa mobil Daihatsu Xenia berisi jasad Yulia di bagian bagasi menuju jalan raya Bekonang- Wonogiri. Tepat di halaman toko bangunan Mekar Jaya, pelaku membakar korban bersama mobil tersebut. Akibat pembakaran itu kaki Eko Prasetyo terluka.

"Di lokasi kejadian ini tersangka juga mengalami luka bakar di bagian kaki setelah menyiramkan bensin ke tubuh korban dan membakarnya," kata Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas dalam proses pra-rekonstruksi, Selasa (27/10/2020).

Reka Ulang, 20 Adegan Pembunuhan Yulia di Sukoharjo Terungkap

Dalam kondisi kaki mengalami luka bakar, Eko berjalan menuju bank BRI yang lokasinya tak jauh dari pembakaran mobil. Tersangka dijemput oleh seorang saksi berinisial S di lokasi tersebut. Saksi S merupakan karyawan di tempat usaha ternak ayamnya dihubungi tersangka seusai membakar mobil dan Yulia.

"Saksi hanya menjemput saja. Tidak tahu soal kebakaran," katanya.

Kapolres mengatakan segera menggelar rekonstruksi bersama Jaksa setelah menyelesaikan pra-rekonstruksi kasus pembunuhan Yulia. Rekonstruksi akan dilaksanakan pekan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya