Tutup Iklan

PEMBUNUHAN SLEMAN : Pelaku Berusaha Mengaburkan Barang Bukti

 Ilustrasi pembunuhan (JIBI/Harian Jogja/Dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembunuhan (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN – Polres Sleman akhirnya berhasil mengungkap dan menangkap pelaku kasus pembunuhan terhadap seorang ibu bernama Sriyani Puji Rahayu, Kamis (11/12/2014). Pelaku bernama Ari, 50, yang tak lain adalah suami korban.

Sebelumnya korban ditemukan tewas bersimbah darah di perumahan elit Blok H-11 Taman Cemoro, Maguwoharjo, Depok, Sleman pada pertengahan Nopember 2014 silam. Petugas sempat kesulitan melakukan pengungkapan lantaran tersangka berkelit dan berusaha mengaburkan barang bukti.

Kapolres Sleman AKBP Ihsan Amin menjelaskan tersangka ditangkap melalui proses pemeriksaan yang panjang. Setelah mendapatkan banyak petunjuk, tersangka langsung ditahan di Mapolres Sleman. Selain keterangan sejumlah saksi dan barang bukti di TKP, tindak pidana yang dilakukan tersangka juga dikuatkan dengan hasil otopsi jenazah korban oleh pihak medis. Korban mengalami patah tulang dagu serta luka dalam pada leher.

“Tersangka AS [Ari] diduga melakukan tindak pidana pembunuhan terhadap korban [istrinya], kami sudah mengamankannya,” terang Ihsan, Jumat (12/12/2014).

Ihsan menambahkan pihaknya sudah berkali-kali memeriksa tersangka. Meski demikian ia selalu membuat alibi untuk membebaskan diri dari jeratan. Berbagai cerita fiktif disusun olehnya untuk mengaburkan penyidikan. Tersangka sempat menyampaikan saat kejadian tengah tidak berada di rumah melainkan dalam perjalanan berangkat kerja ke luar kota. Selain itu setelah sampai di rumah selang beberapa jam, tersangka justru tidak setuju saat disarankan oleh petugas medis dan kepolisian
untuk melakukan otopsi jenazah korban. Kendati demikian atas petunjuk dari keluarga korban lainnya, otopsi tetap dilakukan.

Upaya pengaburan fakta yang disusun tersangka belum berhenti. Tersangka juga membuat TKP fiktif dengan cara sengaja mengacak-acak rumah. Ia sempat mengobrak-abrik kamar, membuka laci dan almari kemudian tidak merapikan lagi. Menurut Ihsan, hal itu dilakukan tersangka setelah membunuh istrinya. Ia melakukan itu agar polisi mengarahkan penyidikan ke dugaan adanya pencurian dengan kekerasan sehingga tuduhan tidak mengarah kepadanya. Tak hanya itu, bahkan tersangka tidak
secara langsung membuat laporan polisi sebagai bukti bahwa dia menjadi korban selaku kepala keluarga. Justru dari pihak tetangga yang membuat laporan resmi atas kasus tersebut.

“Kami sempat menduga pencurian dengan kekerasan saat melihat kamar yang diacak-acak. Tetapi semua alibi yang dibuat tersangka kami patahkan dengan berbagai keterang


Berita Terkait

Berita Terkini

Ikatan Cinta 27 November 2021: Diciduk Al, Iqbal Keceplosan Soal Irvan?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Sabtu, 27 November 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Desa Jangglengan dan Kisah Pesanggrahan Raja Solo di Hutan Jati

Desa Jangglengan di Nguter, Sukoharjo, dulu pernah jadi pesanggrahan Raja Keraton Solo PB IX untuk bersemadi saat masih berupa hutan jati.

Presiden Jokowi Curhat Target Vaksinasi WHO Sulit Tercapai Karena Ini

Jokowi mengatakan saat ini lebih dari 7,6 miliar dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan di seluruh dunia, namun kesenjangan akses terhadap vaksin masih lebar.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.

Ternyata Ini Sosok PNS Terkaya di Indonesia, Hartanya Capai 1 Triliun

Ternyata ini hlo sosok Pegawai Negeri Sipil atau PNS terkaya di Indonesia, mempunyai harta mencapai Rp1,6 triliun.

Ini Hlo Cara Ikutan Lomba Foto Astra, Hadiahnya Enggak Main-Main!

PT Astra International Tbk menggelar Lomba Foto Astra dengan hadiah yang super menarik, ada smartwatch hingga sepeda motor.

Seleksi Duta Antikorupsi, Puluhan Pelajar Klaten Bikin Makalah Soal Ini

Seleksi terhadap puluhan pelajar kali ini merupakan rangkaian pemilihan duta pelajar antikorupsi yang diselenggarakan IPPK Klaten dan Exclusive Kingdom Klaten.

Pasoepati Ganti Pot Rusak di Jl Solo-Jogja di Klaten, Ini Foto-Fotonya

Polisi berharap kejadian perusakan pot bunga serupa tak terulang kembali di waktu mendatang

WhatsApp Siapkan 5 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Apa Saja?

WhatsApp juga sedang berupaya memperkenalkan editor foto dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna menambahkan stiker dan teks, memotong dan memutar foto.

Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya

Ini dia daftar pemenang lengkap dengan nominasinya SCTV Award 2021 yang baru saja digelar pada Jumat, 27 November 2021.

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jateng

BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu.

Geger Pria Asal Bekasi Ditemukan Meninggal Dunia di Masjid Laweyan Solo

Pihak kepolisian menyatakan berdasarkan dugaan sementara, almarhum Sukirman meninggal karena sakit.

Beredar Surat Undangan Seleksi Persis Muda GR, Begini Respons Kaesang

Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, menanggapi beredarnya surat undangan seleksi pemain untuk Piala Soeratin 2021 dari Manajemen Persis Muda GR.

Minyak Goreng dan Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi November 2021

BI akan menempuh langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.